Pupuk Subsidi (ilustrasi)
Pupuk Subsidi (ilustrasi)

SELATPANJANG (SegmenNews.com)- Ribuan petani yang tersebar di Kepulauan Meranti, Provinsi Riau sangat membutuhkan pupuk bersubsidi untuk meningkatkan produksi pertanian mereka.

Mereka mengeluh hingga saat ini mereka belum mendapatkan pupuk subsidi. Untuk kebutuhan pertanian mereka terpaksa membeli pupuk non subsidi yang harganya sekangit, yang tentunya belum memuaskan dengan hasil panen.

“Kami para petani tanaman pangang yang ada di kabupaten kepulauan Meranti sampai detik ini belum mendapatkan kemudahan dari Pemerintah Daerah dalam hal menikmati pupuk bersubsidi, padahal pupuk subsidi sangat penting utntuk meningkatkan produksi dan mensukseskan Program swasembada pangan Pemerintah juga,” kata Petani di Tebing Tinggi Barat, Lihin

Akibat tingginya harga pupuk nonsubsidi keluh, Lihin, para petani terpaksa menggunakan pupuk kandang ternak. Namun itupun tak mencukupi lagi saat ini. Dia berharap Pemda setempat segera mengambil langkah untuk mengatasi kesulitan pupuk subsidi bagi petani.

Sementara itu, kabid Dinas Pertanian, Jaka berjanji akan mengupayakan kebutuhan pupuk subsidi bagi petani. Katanya, sejauh ini Pemkab Meranti belum memperoleh alokasi pupuk bersubsidi dari Pemerintah Riau.***(def)