Ayam mati (ilustrasi)
Ayam mati (ilustrasi)

ROKAN HULU (SegmenNews.com)- Puluhan ekor ayam milik beberapa wargadi Desa Rambah Tengah Utara, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau mati mendadak. Diduga puluhan ayam tersebut terserang penyakit mematikan.

Akibat peristiwa tersebut, peternak merugi hingga jutaan rupiah. Namun untuk menghinadri kerugian yang lebih besar peternak memotong ayam tersebut bahkan sebagian ada yang menjuanya kepasar.

Walau demikian peternak berharap Dinas Perikanan dan Peternakan Rohul segera turun kelapangan untuk menanggulangi penyakit yang dialami ayam mati mendadak itu.

Peternak ayam, Afrizal mengaku ayamnya mati mencapai 20 ekor, setiap pagi ada ayamnya yang mati, bahkan sekarang masih ada ayamnya sakit seperti hendak mati.

“Ya, ayam saya mati mendadak, kata orang disini ke hawa. Ayam tetangga saya juga banyak yang mati mendadak,” ungkapnya, Rabu (1/10/14).

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Rokan Hulu, Ir Mardjoko kepada segmennews.com melalui telephone mengaku sejauh ini pihaknya belum menerima laporan terkait adanya ayam mati mendadak tersebut. Namun pihaknya akan mengutus dokter hewan untuk melakukan pemeriksaan penyakit ayam tersebut.

Dia menduga penyakit yang menyerang ayam tersebut adalah virus newcastle deasea (ND).

“Kita segera kesana, mengutus dokter hewan. Mungkin itu virus newcastle deasea (ND), karena di Pekanbaru juga ada ayam mati satu kandang,” ujar Mardjoko.***(ran)