dr Silvi saat melakukan pemeriksaan virus membunuh sejumlah ayam warga
dr Silvi saat melakukan pemeriksaan virus membunuh sejumlah ayam warga

ROKAN HULU (SegmenNews.com)-Terkait mati mendadaknya puluhan ayam warga Desa Rambah Tengah Utara, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskannak) Rokan Hulu, Provinsi Riau melakukan peninjauan langsung kekandang milik warga, Rabu (1/10/14).

Rombongan Kepala Diskannak, Ir Mardjoko bersama dokter hewan, dr Silvi melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah ayam mati dan sakit. Ternyata, usai pemeriksaaan diketahui virus yang menyerang sejumlah ayam tersebut adalah virus Newcastle Deasea (ND).

Tim Dikannak segera melakukan penyemprotan desinfektan untuk membunuh kuman yang menyerang sejumlah ayam warga.

“Ya, virus newcastle deasea (ND) menyerang ayam-ayam tersebut sehingga mati, ini karena kondisi cuaca yang sedikit ekstrim sehingga ayam mudah terkena virus itu. Untuk mengatasinya kita langsung menyemprotkan desinfektan, dan tidak diberi vaksin lagi sebab ayam sudah terinfeksi,” ungkap Mardjoko.

Namun, lanjut Mardjoko, peternak tidak perlu khawatir, sebab virus tersebut tidak berdampak pada kesehatan manusia. Dia menghimbau kepada peternak agar rajin membersihkan kandang ayam.***(ran)