Drh Syilvia Damayanti
Drh Syilvia Damayanti

ROKAN HULU (SegmenNews.com)- Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskannak) Kabupaten Rokan Hulu, Riau memastikan kebutuhan masyarakat untuk hewan kurban tahun ini mencukupi. Bahkan diprediksi pembeli hewan kurban juga datang dari Luar kabupaten Rokan Hulu.

“Ya, seperti tahun lalu, pembeli hewan kurban datang dari luar Rokan Hulu seperti Bengkalis, Bangkinang, Pekanbaru dan daerah lainnya. Diprediksi tahun ini juga bakal ada pembeli dari luar lagi, sebab stok sapi pejantan dari peternak untuk kurban di Rokan Hulu cukup banyak,” papar Ka DisKannak, Ir Mardjoko melalui Kabid Kesehatan Hewan, Drh Syilvia Damayanti, kepada SegmenNews.com, Kamis (2/10/14).

Selain itu, kata Syilvia, untuk jumlah hewan kurban di Rokan Hulu setiap tahunnya mengalami peningkatan hingga 10 persen. Dari data sementara hewan kurban di Masjid Agung Madani Islamic Center saja 204 ekor sapi termasuk empat kambing. Jumlah tersebut meningkat dari tahun lalu.

Namun data pasti hewan kurban untuk tahun ini baru bisa diperoleh pada hari Sabtu jelang penyembelihan.

“Kita telah siapkan 8 orang tim pemeriksa kesehatan hewan kurban. Pemeriksaan dilakukan pada gigi, umur dan kesehatan fisik hewan yang akan dikurbankan, setelah melalui prosedur dan syariat Islam barulah dikeluarkan surat keterangan kesehatan dan kelayakan hewan kurban, sebab setiap hewan yang akan dikurbankan harus memiliki surat keterangan dari Dikannak,” jelas Suilvia.***(ran)