ilustrasi abrasi
ilustrasi abrasi

Selatpanjang (SegmenNews.com)- Kondisi tiga pulau di Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau kian memperihatinkan, bahkan nyaris tenggelam akibat abrasi yang berkepanjangan. Pusat harus segera turun tangan membantu Daerah menyelamatkannya.

Tiga pulau yang butuh penyelamatan itu yakni, Pulau padang, Pulau Merbau dan Pulau Rangsang. Walaupun Pemerintah setempat telah berupaya melakukan pencegahan abrasi melalui program penanaman hutan mangruve dan pembangunan turap pemecah gelombang yang terbuat dari beton maupun kayu nibung, namun upaya tersebut belum membuahkan hasil maksimal.

Hal itu diakui oleh Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Kadishutbun) Meranti, Ma’mun Murod kemarin, menurutnya, penanganan abrasi di tiga pulau itu membutuhkan bantuan Pemerintah Pusat. Pencegahan itu harus segera dilakukan sebelum tiga pulau itu tenggelam.

“Pemerintah pusat diminta tidak menunda-nunda waktu lagi, dan segera turut andil menyelesaikan masalah abrasi yang terjadi di kepulauan Meranti ini. Ya, seperti uapaya Pemerintah Pusat yang lagi giat-giatnya menyelamatkan wilayah perbatasan dari hilangnya pulau pulau terluar akibat terkena abrasi maupun dicaplok oleh pihak asing, inilah langkah yang sangat tepat dan harus dilakukan,” tukas Ma’mun Murod.

Menurutnya, abrasi besar terjadi karena posisi letak geografis wilayah Meranti berhadapan langsung dengan perairan selatmalaka yang memiliki gelombang musim utara. Ditambah lagi tingkat kepadatan transportasi laut yang cukup padat. Sehingga itu menyebabkan gelombang besar dan mengikis tepian pulau.

“Kita khawatir, daratan pulau semakin kecil dan hilang,” ujarnya.***(def)