Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi menerima Piala Penghargaan Investment Award 2014 yang diserahkan oleh Wakil Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi  Eko Prasojo
Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi menerima Piala Penghargaan Investment Award 2014 yang diserahkan oleh Wakil Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Eko Prasojo

Jakarta (SegmenNews.com)- Pemerintah Kabupaten Siak melalui Badan Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMPPT) berhasil meraih peringkat ketiga Investment Award 2014 sebagai Penyelenggara Pelayanan Terpadu Satu Pintu Bidang Penanaman Modal (PTSP-PM) tahun 2014.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Kepala BKPM RI Mahendra Siregar kepada Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi dalam acara Penganugerahan Penghargaan Kepada Penyelenggara Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Bidang Penanaman Modal Provinsi, Kabupaten & Kota Terbaik Tahun 2014, yang diselenggarakan di Hotel Borobudur, Jakarta. Selasa (7/10).

Investment Award adalah penghargaan yang diberikan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia kepada Lembaga penyelenggara pelayanan & perizinan serta penanaman modal baik ditingkat provinsi maupun kabupaten di seluruh Indonesia. Kabupaten Siak yang pada tahun 2013 lalu masuk urutan 10 besar mampu meningkatkan prestasi sehingga berada diperingkat ketiga tahun 2014, dari 413 kabupaten di seluruh Indonesia.

Posisi 4 (empat) besar yang diumumkan pihak panitia menempatkan Kabupaten Pindrang diurutan ke empat, Siak peringkat ketiga, Indragiri Hulu diurutan kedua dan kabupaten Sragen diurutan pertama.

Penetapan kualifikasi dan penilaian terhadap Kelembagaan Pelayanan terpadu Provinsi & Kabupaten ini dilakukan oleh PT Surveyor Indonesia. Tahun ini merupakan tahun ke lima penilaian dan penganugerahan Invesment Award. Surver & Penilaian tersebut dilakukan hingga Juni 2014 meliputi 34 Provinsi, 413 kabupaten, 98 Kota, 5 pelabuhan & kawasan perdagangan bebas serta 2 kawasan Ekonomi khusus. Prosedurnya, setelah didapat hasil penilaian melalui survei, penyelenggara pelayanan terpadu diuandang untuk melakukan pemaparan di BKPM RI sebelum nantinya dilakukan uji petik dan pantauan langsung ke lapangan.

Acara ini dihadiri oleh Wamen PAN RB, Wamen Perdagangan, Direktur PT Surveyor Indonesia Bambang Isworo serta para kepala daerah yang menerima penghargaan.

Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi usai menerima penghargaan mengungkapkan bahwa hal ini tentu saja merupakan motivasi bagi pemerintah daerah untuk terus meningkatkan dan mengutamakan pelayanan. “Khususnya bagi seluruh SKPD yang berkaitan dengan pelayanan agar dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Bupati.

Hal ini juga diharapkan dapat menumbuhkan iklim investasi yang lebih cepat di daerah. “Kita harapkan semakin timbul kepercayaan investor untuk menanamkan investasi sekaligus nantinya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujar beliau.

“Kita sudah meningkatkan fasilitas, yag diharapkan mampu memompa kinerja para pegawai, termasuk melakukan perbaikan terhadap semua jalur birokrasi yang mungkin dapat menganggu aktifitas penanaman modal di kabupaten Siak ” imbuhnya. Suasana aman dan kondusif dikabupaten Siak juga berperan dalam meningkatkan iklim investasi.

Senada dengan hal itu Kepala BPMPPT Kabupaten Siak Eriyanto SH mengingatkan bahwa tugas kedepannya tentu lebih berat, konsentrasi utama bukan pada penghargaan, melainkan secara terus menerus meningkatkan pelayanan secara lebih baik, cepat, tepat & cermat. Penghargaan bisa dijadikan tolak ukur untuk meningkatkan kinerja.***(advertorial/hms/rinto)