RAPP Gencarkan Penyuluhan Kesehatan
RAPP Gencarkan Penyuluhan Kesehatan

Koto Gasib (SegmenNews.com)- Melalui program Community Development (CD) PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) melakukan penyuluhan kesehatan berupa pola hidup sederhana dan kesehatan gigi kepada siswa-siswi disejumlah Sekolah Dasar (SD) di Koto Gasib, Siak, Provinsi Riau, Selasa (6/10/14).

Koordinator Region CD, RAPP, Tengku Kespandiar ST mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian perusahaan dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang dimulai sejak usia dini yakni kepada siswa sekolah. Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 hari di tempat berbeda yakni di SDN 006 Sengkemang, SDN 003 Buatan II Koto Gasib, dan SDN 002 Buatan I Kecamatan Koto Gasib Siak.

”Program kita memberikan penyuluhan kepada masyarakat melalui anak-anak kita usia sekolah, sehingga diharapkan nantinya anak-anak kita ini mampu menyadari akan pentingnya menjaga kesehatan diri, lingkungan dan gigi. Kemudian secara kualitas, hidupnya akan meningkat, kesehatan lebih terjaga dan lebih produktif dalam bekerja,” kata Tengku Kespandiar.

Kegiatan ini rutin dilaksanakan CD RAPP dengan tema yang berbeda. Selain pola hidup sehat dan kesehatan gigi, juga diberikan penyuluhan tentang kewaspadaan terhadap penyakit menular, seperti demam berdarah dan lainnya. Untuk penyuluhan kesehatan gigi juga dilanjutkan praktek menggosok gigi yang benar dibimbing oleh Dokter Gigi Depsi Indri dan Sariani, AmTG dari Puskesmas Koto Gasib.

Selain penyuluhan ke sekolah dasar, CD RAPP juga menggelar program penyuluhan kesehatan bagi para siswa-siswi tingkat SMP dan SMA serta juga ke masyarakat umum dengan kelompok sasaran Ibu-ibu dan Lansia (Lanjut Usia).

Sementara itu, mewakili Puskesmas, Drg. Depsi Indri menyambut baik kepedulian RAPP untuk bersama- sama turun ke masyarakat dalam upaya mewujudkan masyarakat yang sehat dan berkualitas.

”Mudah-mudahan ke depan kerjasama ini dapat lebih ditingkatkan. Sesungguhnya dengan keterlibatan RAPP ini akan lebih meningkatkan semangat masyarakat untuk memperbaiki kesehatannya. Kepedulian RAPP ini sangat mendukung Visi Misi bidang kesehatan dari Bupati Siak, Drs. H. Syamsuar, M.Si,” kata Dokter Gigi tersebut.

Ujang Jali, S.Pd, Kepala SD 003 Buatan 2 juga mengapresiasi kegiatan penyuluhan kesehatan tersebut. Ia berharap siswa-siswinya mampu mengikuti dan memahami akan pentingnya menjaga kesehatan dan membiasakan menggosok gigi dengan benar sejak kecil.

Program penyuluhan kesehatan oleh CD RAPP, juga akan dilakukan di daerah lain seperti di Kecamatan Gunung Toar, Kuantan Singingi. Kegiatan serupa rencananya akan diikuti oleh ratusan peserta digelar, Sabtu (11/10) mendatang.***(rls/rinto)