int
int

Pematang Reba (SegmenNews.com) – Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu, pada Bulan Oktober ini akan membagikan obat Filariasis (kai gajah) kepada masyarakat Inhu. Demikian yang dikatakan oleh Kepala Dinas Kesehatan Inhu, H Suhardi, Rabu, (8/10/2014).

“Filariasis ini merupakan jenis penyakit menular kronik yang disebabkan sumbatan cacing filaria di kelenjar atau saluran getah bening, dan menimbulkan gejala klinis akut berupa demam berulang, radang kelenjar atau saluran getah bening, edema dan gejala kronik berupa elefantiasis,” terang Suhardi.

Untuk mengatasi penyakit kaki gajah di Inhu, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi tentang filariasis secara terus menerus kepada masyarakat dan pada bulan ini akan diberikan obatnya pada masyarakat.

“Penyakit filariasis atau kaki gajah ini kan merupakan penyakit di daerah tropis yang sangat berbahaya, bahkan kalau sudah tertular penyakit ini maka akan sangat sulit untuk diobati,” lanjutnya.

Berdasarkan keterangan Suhardi, hasil penelitian menyatakan bahwa Kabupaten Inhu untuk jumlah penderita filariasis diatas 1 persen dan dinyatakan Inhu merupakan daerah endemik filariasis di Provinsi Riau.

“Untuk itu, kami berkomitmen akan terus berusaha semaksimal mungkin memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik untuk masyarakat,” tutupnya.***(btp/chir)