Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA
Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA

Rokan Hulu (SegmenNews.com)- Bupati Rohul Drs H Achmad MSi yang diwakili oleh Asisten Dua H Syaiful Bahri SSos MSi dan Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, gelar rapat persiapan pemulangan dan penyambutan Jamaah Haji (JH) Rohul, Rabu (8/10/2014) bertempat di aula Masjid Agung Madani Islamic Centre (MAMIC) Kota Pasir Pengaraian.

Hadir dalam rapat tersebut seluruh panitia pemulangan, antara lain Pejabat dari Pemkab Rohul, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Kan Kemenag, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Polres Rohul, Dandim Kpr yang diwakili Danramil Pasir Pengaraian, Dinas Bina Marga, MUI, IPHI Rohul, dan dinas terkait lainnya.

Syaiful Bahri mengatakan bahwa menyambut kedatangan JH Rohul ini adalah tugas mulia dan terhormat, baik dimata Tuhan maupun di mata umat manusia. Untuk itu, kebersamaan, keseriusan, dan tanggungjawab, mutlak diperlukan, sehingga penyambutan JH ini berlangsung dengan lancer.

Ahmad Supardi Hasibuan melaporkan bahwa JH Rohul akan tiba di Bandara Hang Nadim Batam pada hari Selasa (14/10/2014) pukul 11.35 Wib. Para JH akan diinapkan di Asrama Haji Debarkasi Batam satu malam, dan setelah itu, Rabu (15/10/2014) akan dipulangkan langsung menuju Pasir Pengaraian, dengan menggunakan pesawat Nusantara Air Charter (NAC) dari Jakarta.

Ditambahkannya, para JH Rohul akan dipulangkan dengan tiga kali penerbangan, yaitu pukul 07.00 Wib dari Batam dan diperkirakan tiba di Pasir Pengaraian pukul 09.00 Wib. Kemudian pukul 09.30 Wib, diperkirakan tiba pukul 10.30 Wib. Terakhir pukul 13.00 Wib dan diperkirakan tiba pukul 14.00 Wib.

Terkait dengan teknis pemulangan, JCH yang berangkat dari Pasir Pengaraian pada penerbangan pertama, maka pemulangannya menjadi penerbangan ketiga. Penerbangan kedua waktu pemberangkatan, tetap penerbangan kedua waktu pemulangan. Sedangkan penerbangan ketiga pemberangkatan, maka menjadi penerbangan pertama waktu pemulangan.

Kadis Perhubungan yang diwakili Kabid Udara Dennis melaporkan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak NAC yang bertanggungjaweab mengangkut JH Rohul dari Batam ke Pasir Pengaraian, bahwa pesawat NAC telah siap di Bandara Hang Nadim Batam satu hari sebelum pemulangan ke Pasir Pengaraian.

Pihaknya juga bersama Polres Rohul, Satpol PP, dan Camat Rambah Hilir akan bekerjasama untuk mengatur keamanan, parker, barang bawaan, dan lain sebagainya untuk memberikan pelayanan dan kemudahan bagi para JH Rohul.***(rls)