Pagi ini, Asap Pekat Selimuti Inhu
Pagi ini, Asap Pekat Selimuti Inhu

Indragiri Hulu (SegmenNews.com)- Kondisi udara dibeberapa tempat dalam wilayah Indragiri Hulu (Inhu) pada pagi ini, Kamis (9/10/2014) diselimuti kabut asap yang cukup pekat. Sehingga, jarak pandang semakin pendek dan mengganggu pernapasan.

Jarak pandang diruas jalan Pematang Rebah menuju Lirik diperkirakan hanya 150 meter. Sehingga, pengendara ekstra hati-hati serta terlihat menyalakan lampu kenderaannya.

Menyikapi mengenai makin pekatnya kabut asap di Inhu, anggota DPRD Inhu Suharto SH mendesak pihak terkait agar secepatnya bertindak. “Kita meminta pihak terkait agar secepatnya melakukan tindakan dilapangan untuk mengurangi dampak buruk kabut asap bagi masyarakat. Sehingga dapat dieleminir masyarakat yang menderita sakit akibat kabut asap,” ujarnya.

Menurut Suharto di Inhu sudah ada terbentuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah yang sudah bisa melaksanakan tugasnya. Serta melakukan langkah-langkah konkrit dilapangan agar kabut asap tidak semakin parah melanda Inhu.

“Tidak lama lagi Inhu akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov), kalau kabut asap seperti saat ini sangat riskan bisa dilaksanakan turnamen. Terutama sekali yang dilaksanakan di luar gedung, memerlukan udara segar,” jelasnya.

Oleh sebab itu, pihak terkait bekerja sama dengan pihak Propinsi maupun pusat mencarikan solusinya agar kabut asap bisa hilang. Misalnya saja dengan mengadakan hujan buatan ataupun juga melakukan upaya pemadaman secara maksimal terhadap sumber kabut asap.***(kpr)