1(1)Siak (SegmenNews.com)- Sempena Hari Ulang Tahun Kabupaten Siak padatanggal 12 Oktober 2014 mendatang, Pemerintah Kabupaten Siak menggelar Festival Siak Bermadah yang diikuti oleh Kabupaten se-Riau dan Provinsi lainnya seperti, Deli Serdang Bedagai, Medan, Aceh Nandro Darus Salam, serta Negeri Malaysia.

Peserta akan mengikuti 14 cabang pergelaran seni yang diagendakan panitia. Petikan gambus dari Bupati Siak Syamsuar, Rabu (8/10/14) sekitar pukul 20.00 WIB, pertanda dimulainya acar tersebut.

Siak bermadah ini tentunya merupakan wujud konsistensi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak dalam mewujudkan Visi dan Misi jangka Panjang 2005-2015 kedepan, diantaranya yakni Siak menjadi pusat budaya melayu di Provinsi Riau.

“Festival Siak Bermadah ini digelar tiap tahunnya, dan bersempenaan dengan HUT kabupaten Siak. Dan pergelaran pentas seni yang dipertandingkan, merupakan bentuk pembinaan dan pelestarian budaya melayu,” terang bupati.

Selain itu, Bupati Syamsuar juga mengungkapkan bahwa, budaya melayu bisa dikembangkan dengan tentunya akan menjadi salah satu objek wisata.”Selain itu, Budaya dan seni juga merupakan salah satu faktor penting guna meningkatkan sektor wisata,” ujarnya.

Selain itu Ketua Panitia Festival Siak Bermadah XII Fauzi Asni, bahwa festival ini diikuti beberapa kabupaten kota se-Riau,diantaranya, Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Rohil, Kampar, Kuansing, Meranti dan Kota Pekanbaru. Selain itu juga dihadiri oleh beberapa Kabupaten Kota dari luar.***(rinto)