Kabid  BPBPK Pekanbaru, Zul Azmi
Kabid BPBPK Pekanbaru, Zul Azmi

Pekanbaru (SegmenNews.com)– Kebanyakan rumah mewah di Kota Pekanbaru tidak dilengkapi dengan racun api. Padahal, racun api sangat berguna untuk pencegahan dini jika terjadi kebakaran. Ini menandakan masih kurangnya kepedulian masyarakat untuk menjaga keselamatan diri dan harta dari ‘si jago merah’.

Hal itu dikemukakan oleh Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Kota Pekanbaru, Zul Azmi, Sabtu (11/10/2014).

“Sangat aneh, harga rumah mencapai Miliaran rupiah. Tapi, satu tabung racun api saja tidak terbeli,” ujar Zul Azmi. Rumah penduduk dan bangunan di Pekanbaru sudah wajib dilengkapi dengan racun api. Hal ini sebagai bentuk antisipasi jika terjadi kebakaran bangunan.

“Harusnya masyarakat mulai menyadari dan menjadikan racun api sebagai sebuah kebutuhan. Karena, ketika ada serangan ‘si jago merah’, racun api ini mampu menyelamatkan harta benda,” kata Zul Azmi.

Sedangkan untuk warga yang tidak mampu membeli racun api, lanjut Zul Azmi, bisa menyediakan handuk. Ketika terjadi kebakaran akibat kompor, handuk tersebut harus dibasahkan dengan air. “Lalu ditutupkan ke kompor tersebut,” katanya.***(btp/chir)