Bupati hadiri rapat paripurna HUT Siak ke-15
Bupati hadiri rapat paripurna HUT Siak ke-15

Siak (SegmenNews.com)- Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Siak ke-15 sejak dibentuknya tanggal 12 Oktober 1999. Kabupaten Siak saat ini telah mengalami keajuan begitu pesat diberbagai bidang.

Berikut juga di bawah pimpinan Bupati Syamsuar. Investasi di Kabupaten Siak terus mengalami peningkatan setiap tahunnya, juga peningkatan perekonomian masyarakat dan infrastruktur.

Bentuk kemajuan itu bisa dilihat dari jumlah investasi dari tahun 2011 hingga per Juni 2014 ini, untuk Penanaman Modal Dalam Negri (PMDN) mencapai sebesar 2,2 miliyar dollar lebih. Peningkatan ini menunjukkan bahwa Kabupaten Siak, menjadi salah satu tujuan investasi di Provinsi Riau.

Selain itu, untuk memberikan kemudahan para investor, diantaranya percepatan perizinan pelayanan, pelimpahan kewenangan perizinan kepada camat, menciptakan keamanan, promosi daerah, menerapkan teknologi informasi, serta meningkatkan infrastruktur jalan, jembatan dan air.

“Dengan semangat otonomi daerah, kita tingkatkan pelayan publik utnuk mewujudkan Kabupaten Siak sebagai tujuan investasi dan wisata,” ujar Bupati Syamsuar, Minggu (12/10/14) pada sidang paripurna HUT Siak.

*Ziarah Kubur Sultan*

Bupati Siak ziarah Kubur para Sultan Siak
Bupati Siak ziarah Kubur para Sultan Siak

Di HUT ke-15 Siak, Pemkab Siak melaksanakan berbagai kegiatan, seperti, Sabtu (11/10/14), Bupati Siak Syamsuar melakukan ziarah kubur kemakam para sultan-sultan kerajaan Siak.

Ziarah diikuti oleh Kajari Siak Zainul Arifin, Sekda Siak T Said Hamzah, beserta rombongan berziarah kemakam Sultan yang berada di kecamatan Siak dan Kecamatan Mempura.

Ziarah dimulai dari Makam Sultan Raja Kecik yang berada di Desa Buantan Besar Kecamatan Siak dan berlanjut kemakam Sultan Tengku Buang Asmara yang berada di Kelurahan Mempura Kecamatan Mempura, selepas dari makam Sultan Tengku Buang Asmara, lanjut Kemakam Koto tinggi, Kelurahan Kampung Dalam Kecamatan Siak dan berakhir di Makam Sultan Syarif Qasim II.

Pemkab Siak juga melaksanakan Festival Siak Bermadah yang diikuti oleh Kabupaten se-Riau dan Provinsi lainnya seperti, Deli Serdang Bedagai, Medan, Aceh Nandro Darus Salam, serta Negeri Malaysia.

Peserta akan mengikuti 14 cabang pergelaran seni yang diagendakan panitia. Petikan gambus dari Bupati Siak Syamsuar, Rabu (8/10/14) sekitar pukul 20.00 WIB, pertanda dimulainya acar tersebut.

Festival Siak Bermadah
Festival Siak Bermadah

Siak bermadah ini tentunya merupakan wujud konsistensi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak dalam mewujudkan Visi dan Misi jangka Panjang 2005-2015 kedepan, diantaranya yakni Siak menjadi pusat budaya melayu di Provinsi Riau.

“Festival Siak Bermadah ini digelar tiap tahunnya, dan bersempenaan dengan HUT kabupaten Siak. Dan pergelaran pentas seni yang dipertandingkan, merupakan bentuk pembinaan dan pelestarian budaya melayu,” terang bupati.

Selain itu, Bupati Syamsuar juga mengungkapkan bahwa, budaya melayu bisa dikembangkan dengan tentunya akan menjadi salah satu objek wisata.”Selain itu, Budaya dan seni juga merupakan salah satu faktor penting guna meningkatkan sektor wisata,” ujarnya.

Selain itu Ketua Panitia Festival Siak Bermadah XII Fauzi Asni, bahwa festival ini diikuti beberapa kabupaten kota se-Riau,diantaranya, Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Rohil, Kampar, Kuansing, Meranti dan Kota Pekanbaru. Selain itu juga dihadiri oleh beberapa Kabupaten Kota dari luar.***(advertorial/hms/rinto)