kapalDumai (SegmenNews.com)- Kabut asap yang mulai menyelimuti Kota Dumai hampir sepekan terakhir, ternyata belum mempengaruhi aktivitas Pelabuhan Roll On Roll Off (Roro) yang terletak di Kelurahan Purnama, Kecamatan Dumai Barat.

Pelabuhan Roro tersebut melayani rute dari Kota Dumai-Pulau Rupat Kabupaten Bengkalis dan begitu sebaliknya.

Petugas Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kota Dumai Julian mengatakan, hampir sepekan belakangan kabut asap yang menyelimuti tidak mempengaruhi jam keberangkatan kapal roro. Pasalnya kabut asap yang menyelimuti Kota Dumai belum mengganggu untuk melakukan aktivitas pelayaran.

“Untuk saat ini, kabut asap yang menyelimuti Kota Dumai masih belum berpengaruh terhadap aktivitas pelayaran Kapal Roro Dumai-Rupat dengan Jarak pandang sekitar 1,5 mil,” katanya kepada wartawan.

Dengan jarak pandang yang mencapai 1,5 mil tersebut masih di perbolehkan untuk dilakukan aktivitas melalui jalur laut baik itu aktivitas kapal niaga maupun penumpang untuk beraktivitas.

Namun, kata Julian, tidak menutup kemungkinan aktivitas pelayaran melalui jalur laut dihentikan apabila kabut asap yang menyelimuti Kota Dumai mencapai tahap yang tidak memungkinkan untuk dilakukan pelayaran.

“Jumlah keberangkatan kapal Roro masih normal seperti biasanya, lima trip keberangkatan. Namun jika kabut asap semakin menebal, tidak menutup kemungkinan aktivitas kapal roro harus dihentikan hingga kondisi kembali normal,” jelasnya.***(kpr)