cpnsTembilahan (SegmenNews.com)- Sebanyak 5.381 pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dinyatakan lulus dalam seleksi administrasi.

“Kami sudah melakukan seleksi terhadap kelengkapan berkas ad‎ministratif pelamar CPNS dan hasilnya terdapat 1.057 pelamar yang dinyatakan gagal secara administratif, sehingga merekatidak bisa melanjutkan ke tahap berikutnya,” ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Inhil, H Syaifuddin, Selasa (14/10/2014).

Dikatakan Syaifuddin, dari 6.995 pelamar yang mendaftar secara online, hanya ada 6.438 pelamar yang mengirimkan berkas dan persyaratannya. Di mana, setelah dilakukan seleksi, sebanyak 5.381 dinyatakan lulus administrasi dan bisa mengikuti tahapan selanjutnya, yakni tes dengan menggunakan sistem Computer Assisted Tes (CAT).

“Yang sudah lulus seleksi diharapkan melakukan pendaftaran ulang, yang saat ini jadwalnya masih menunggu arahan dari Kantor Regional 12 BKD Provinsi Riau,” terangnya.

Terkait dengan kelengkapan berkas administrasi pelamar yang tidak lulus, Syaifuddin menjelaskan, terdapat beberapa kekurangan yang tidak dipenuhi, seperti pelamar untuk katagori SMA harusnyamempunyai nilai rata-rata 7. Selain itu, maksimal umur pada saat pendaftaran 35 tahun dan minimal 18 tahun.

“Yang tidak lulus ini, ada yang nilai ijazahnya tidak mencukupi rata-rata. Ada pula yang ketika memasuki Desember tahun ini sudah melewati batas usia atau tidak mencukupi umur saat mengikuti pendaftaran,” tambahnya.

Sementara itu, untuk tes dengan menggunakan sistem CAT, lanjut mantan Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana Setdakab Inhil ini, pihaknya akan mengusulkan dilakukan dengan 4 shift, yang pada masing-masing shift terdiri dari 100 orang.

“Kami rasa jika dilaksanakan dengan 5 shift seperti apa yang diinginkan oleh BKD Provinsi Riau, maka tidak akan terkejar dalam waktu sehari. Jadi, kami mengusulkan agar tes dilakukan dengan 4 shift,” imbuhnya.***(kpr)