Plt Gubri Membuka Porprov VIII
Plt Gubri Membuka Porprov VIII

Rengat (SegmenNews.com)- Plt Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman membuka secara resmi kegiatan Pekan Olahraga Provinsi Riau (Porprov) VIII di Stadion Na­rasinga Rengat, Sabtu (18/10). Pembukaan dimeriahkan oleh penampilan 650 penari Tarian Rentak Tuah Negeri.

Iringan musik berbau mistis dan gembira ber­kom­binasi dalam gerak ge­mulai penari yang ber­asal dari pelajar SMP, SMA dan beberapa per­guruan tinggi tersebut, tampil demikian optimal.

Penampilan ini di­akhirnya dengan ter­bentuk­nya formasi Por­prov VIII Riau, yang di­sam­but sorak sorai pe­nuh kebanggaan para penonton atas penyelenggaraan even ber­gengsi ini.

Dengan menggunakan pa­kaian dan musik tradisonal Inhu dengan suasana Stadion Na­ra Singa yang gemerlap de­ngan gelimangan cahaya lampu laser. Para penari yang men­ceritakan tradisi dan adat istia­dat masyarakat Inhu.

Penari yang terbagi dalam be­berapa kelompok, ada kelom­pok penari yang

membawa dayung, membawa kipas dan juga membawa umbul. Konsep dasar cerita tarian ini ditulis sendiri oleh Bupati Indragiri Hulu, Yopi Arianto.

Acara pembukaan Proprov VIII ini diawali dengan defile kontingen yang dimulai dari kontingen Kabupaten Bengkalis. Sesuai dengan urutan abjad, disusl oleh kabupaten lainnya.

Kepala Daerah yang hadir pada malam tersebut, berkesempatan memberikan standing applause ketika kontingannya melewati podium kehormatan.

Bengkalis sendiri, telah mencanangkan tekadnya untuk merebut Juara Umum. Segala upaya persiapan telah dilakukan KONI setempat, namun dalam sebuah kesempatan Bupati Herliyan Saleh tetap mengingatkan atletnya untuk tetap mengedepankan semangat sportivitas.

Sebelumnya, Plt Gubri, diarak dengan menggunakan becak hias dari kediaman Bupati Indragiri Hulu, di Jalan Ahmad Yani menuju Stadion Narasinga.

Bukan hanya Plt Gubri, Bupati Inhu dan sejumlah bupati/kota di Riau juga diarak menggunakan becak hias.

Setidaknya ada sekitar 50 becak hias yang mengiringi kedatangan Plt Gubri menuju arena Pembukaan Porprov VIII, yang kali ini mempertandingkan sebanyak 17 cabang olahraga dan diikuti seluruh kabupaten dan kota di Riau.

3.747 Atlet

Sebanyak 3.747 atlet, pelatih, dan ofisial tercatat mengikuti Porprov VIII Riau. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudsata) Kabupaten Indragiri Hulu Armansyah.

Dari 12 kabupaaten/kota yang ada, Kabupaten Inhu sebagai tuan rumah yang paling banyak mengirimkan atlet, pelatih dan ofisial sebanyak 429 orang dan mengikuti seluruh cabang olahraga yang dipertandingkan.***(advertorial/hms/chir)