Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi menyaksikan pengambilan sumpah Pimpinan DPRD Kab Siak dlm Rapat Paripurna Peresmian Pengangkatan Pimpinan DPRD Siak 2014-2019 di Gedung DPRD Siak
Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi menyaksikan pengambilan sumpah Pimpinan DPRD Kab Siak dlm Rapat Paripurna Peresmian Pengangkatan Pimpinan DPRD Siak 2014-2019 di Gedung DPRD Siak

Siak (SegmenNews.com)– Bupati Kabupaten Siak, Provinsi Riau mengajak para anggota DPRD yang baru bersinergi dalam membangun Kabupaten Siak. Walaupun selama ini hubungan DPRD yang lama dengan Pemkab diwarnai dengan dinamika, namun dinamika tersebut merupakan konstruktif, dan bukan bersifat destruktif.

“Insya Allah hubungan harmonis dan konstruktif antara eksekutif dan legislatif ini akan terus berlanjut dalam bingkai silahturrahim dan iktikad membangun negeri istana yang kita cintai ini,” sampai Bupati Syamsuar Msi, saat memberikan sambutan diacara pelanytikan Ketua DPRD, Indra Gunawan, dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Siak Sutarno dari Partai Gerindra dan Syahru tadi pagi.

Dijelaskan Bupati, Kabupaten Siak beberapa tahun belakangan ini telah berhasil mewujudkan berbagai capaian dan prestasi untuk perubahan masyarakat dan daerah ini. Selain sejumlah penghargaan atas keberhasilan pembangunan hampir disetiap bidang yang kita terima dari pemerintah pusat dan provinsi dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, baru-baru ini, Kabupaten Siak kembali menorehkan catatan sejarah baru sebagai Daerah Otonom Baru terbaik se-Indonesia berdasarkan penelitian Indonesian Governance Index (IGI) secara mandiri oleh LSM Kemitraan terhadap 34 Kabupaten/Kota di Indonesia.

Kabupaten/ Kota yang diteliti memiliki IPM yang baik, LKPD yang baik dan EKPPD yang baik pula. Dimana dari 10 DOB yang diambil sampel penelitian, hanya Kabupaten Siak dan Kabupaten Lombok utara yang berhasil memperoleh skor diatas nilai rata-rata. Demikian pula kinerja DPRD Kabupaten Siak, berdasarkan hasil penilaian dari LSM Kemitraan adalah rangking II nasional. Sehubungan dengan itu, saya mengucapkan selamat, prestasi ini patut dipertahankan dan ditingkatkan dimasa mendatang.

Namun semua itu bukanlah tujuan akhir dari semua proses pembangunan dan pemerintahan ini. Prestasi tersebut justru menjadi alasan bagi peningkatan kualitas sinergi antara Pemenerintah daerah dan DPRD sebab masih banyak tantangan dan pekerjaan rumah yang harus diselesaikan dan diperbaiki agar tercapai tujuan dari pembangunan.
“Insyaallah, perlahan namun pasti, dengan bermodalkan kemitraan yang baik antara seluruh pihak berkepentingan, berbagai sasaran pembangunan yang kita cita-citakan akan dapat tercapai,” ujarnya.
Menurut Bupati kedepan masih banyak yangakan diselesaikan, seperti berkenaan kekayaan alam Kabupaten Siak yang selama ini menjadi andalan daerah sebagai bonus geografis dari Allah SWT, harus mendatangkan manfaat sebesar-besarnya bagi kemakmuran masyarakat. Pengembangkan Kawasan Industri dan Pelabuhan Tanjung Buton serta mewujudkan pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai yang nantinya akan berdampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat didaerah kedepan.***(rinto)