Asisten III, Herdi Salioso bersama Pj Danpos AL Bengkalis, Kapten Laut (PM) Sunaryo meninjau belakang gedung markas Radar yang terkena abrasi, di desa Muntai Barat
Asisten III, Herdi Salioso bersama Pj Danpos AL Bengkalis, Kapten Laut (PM) Sunaryo meninjau belakang gedung markas Radar yang terkena abrasi, di desa Muntai Barat

Bantan (SegmenNews.com)- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis segera menghibahkan bekas gedung SD di Desa Muntai Barat kepada TNI AL. Sejauh ini gedung telah ditempati TNI AL untuk markas radar beberapa tahun masih berstatus pinjam pakai.

Untuk kelengkapan proses serah terima hibah aset Pemkab Bengkalis kepada TNI AL, terlebih dahulu dilakukan pendataan aset di Desa Muntai Barat, yang dipimping langsung oleh Asisten III Setda Bengkalis, Herdi Salioso bersama Pj Komandan Pos Angkatan Laut Bengkalis, Kapten Laut (PM) Sunaryo dan staf Bagian Perlengkapan Setda Bengkalis.

“Sebelum aset ini dihibahkan ke TNI AL, tentu kita lebih dahulu mendata aset yang ada. Setelah proses penghitungan selesai langsung diperoses dan ditandatangi oleh Bupati Bengkalis. Begitu seluruh administrasi dan persyaratan tuntas, gedung ini langsung dihibahkan kepada TNI AL,” ungkap Asisten III Setda Bengkalis, Herdi Salioso.

Herdi Salioso menegaskan Pemkab mendukung pembangunan beberapa fasilitas yang dibutuhkan TNI. Sejauh ini Bengkalis telah membangun gedung Kodim dan fasilitas pendukungnya yang saat ini sudah ditempati. Kemudian hibah gedung eks SD Muntai ini juga merupakan upaya Pemkab Bengkalis dalam memenuhi kebutuhan TNI AL dalam menjaga kedaulatan NKRI.

“Dukungan kepada TNI AL sangat penting, mengingat Kabupaten Bengkalis merupakan daerah strategis yang berbatasan langsung dengan perairan tersibuk dunia, Selat Malaka. Dengan demikian keberadaan radar yang memantau lalu lintas perairan Selat Malak ini sangat penting, ”ujar Herdi Salioso.

Lebih lanjut Herdi menegaskan, keberadaan Pos AL di Desa Muntai, akan membawa dampak yang positif terkait dengan ketertiban keamanan teritorial perairan laut di Selat Malaka yang berbatasan langsung dengan perairan Internasional, serta keamanan kegiatan eksploitasi hasil perikanan laut.

Bupati juga berharap agar keharmonisan antara TNI dengan masyarakat setempat tetap terjaga. keberadaan satuan TNI diharapkan akan memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan program pembangunan, pemerintahan dan kemasyarakatan di seluruh wilayah Kabupaten Bengkalis.***(ur/man)