Syamsuar Tanam Sawit Perdana di PTPN V Sei Buatan
Syamsuar Tanam Sawit Perdana di PTPN V Sei Buatan

Kotogasib (SegmenNews.com)- Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi melakukan penanaman perdana peremajaan Kelapa Sawit PTPN V Kebun Plasma Sei Buatan di kawasan perkebunan milik masyarakat desa Keranji Guguh & Tasik Seminai Kecamatan Koto Gasib.

Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi mengungkapkan bahwa di kabupaten Siak peremajaan ini merupakan yang pertama dilakukan di kabupaten Siak. Beliau menginginkan hal ini bisa menjadi contoh dikecamatan-kecamatan lain dan replanting harus dilakukan hingga selesai diseluruh perkebunan sawiT milik masyarakat.

Luas perkebunan plasma di kabupaten Siak sendiri mencapai 25.358 Ha tersebar di 28 desa dan 4 kecamatan. Perkebunan ini dikelola oleh dua perusahaan yakni PTPN V seluas 15.000 Ha, tersebar di kecamatan Koto Gasib, Lubuk Dalam, dan kecamatan Dayun. Sedangkan di Kerinci Kanan seluas 10.838 Ha dikelola oleh PT Indosawit. Kebun kelapa sawit tersebut kata Bupati sudah memasuki usia tua yang harus diremajakan. Pada dua tahun kedepan dikabupaten Siak tercatat ada tiga desa yang akan melakukan peremajaan. Tahun 2015 di desa Delima Jaya, kecamatan Kerinci Kanan seluas 702 Ha. Tahun 2016 di desa Empang Pandan kecamatan Koto Gasib seluas 926 Ha dan desa Sri Gading kecamatan Lubuk Dalam seluas 818 Ha.

Bupati mengharapkan kerjasama pihak perusahaan agar program revitalisasi perkebunan dapat diteruskan karena dinilai sangat membantu masyarakat petani. Namun demikian kata Syamsuar pemerintah daerah menyadari, dengan program replanting yang telah dilakukan, hal itu akan membuat masyarakat tidak lagi mendapatkan penghasilan dari hasil kelapa sawitnya. Oleh karena itu ungkapnya Pemerintah Kabupaten Siak memprogramkan kegiatan dengan memanfaatkan lahan pekarangan untuk pengembangan tanaman holtikultura berupa sayuran dan buah-buahan. Serta pengembangan disektor peternakan dan perikanan.

Direktur Tanaman Tahunan Kementrian Pertanian DR Ir Herdrajat Natawidjaya MSc dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan sambutan yang baik atas terlaksananya program revitalisasi yang telah dilaksanakan. Revitalisasi perkebunan menjadi salah satu tanggung jawab pemerintah untuk terus mengupayakan dan menjaga perekonomian masyarakat.

Tampak pula hadir dalam kegiatan tersebut Dirut Utama PTPN V Kebun Plasma Sei Buatan Amal Bakti Pulungan, Dirjen Perkebunan, diwakili oleh Direktur Tanaman Tahunan Kementrian Pertanian DR Ir Herdrajat Natawidjaya MS.

GM SBU Lubuk Dalam Ir Ferry Tambunan mengungkapkan peremajaan kebun kelapa sawit ini merupakan kerjasama antara Bank mandiri, KUD Tunas Karya Desa Keranji Guguh dengan jumlah petani sebanyak 215 KK, Karya Dharma di Desa Tasik Seminai sebanyak 327 KK dengan jumlah lahan seluas 1084 Ha.

Peremajaan ini dimulai sejak Juli 2014 dan direncanakan selesai Desember 2014. TBM dan pemeliharan dimulai sejak tahun 2015 hingga 2017 dan direncanakan berpoduksi pada tahun 2018.***(rinto/rls)