Waka Polres Kampar, Kompol Yuniar Ari Darmawan SiK pimpin apel kosolidasi
Waka Polres Kampar, Kompol Yuniar Ari Darmawan SiK pimpin apel kosolidasi

Bagkinang Kota (SegmenNews.com)- Polres Kampar gelar Apel Konsolidasi pasca pengamanan Pemilu 2014, Jum’at pagi (24/10-2014). Bertindak selaku pimpinan apel Waka Polres Kampar, Kompol Yuniar Ari Darmawan SiK dan diikuti pejabat utama Polres Kampar dan Kapolsek Jajaran serta segenap personil Polres Kampar dan Polsek Jajarannya.

Pada Apel Konsolidasi pasca pengamanan Pemilu 2014 ini pimpinan apel membacakan amanat Kepala Kepolisian RI, disampaikan Kapolri bahwa apel konsolidasi yang dilaksanakan secara serentak diseluruh Polda dan satuan kewilayahan ini merupakan bagian dari proses manajerial yang penting kita lakukan untuk evaluasi sekaligus menutup rangkaian pengamanan Pemilu 2014 yang telah dilaksanakan selama 224 hari.

“Sebagaimana diketahui perhelatan akbar pesta demokrasi telah berlangsung dengan aman, sukses dan lancar, kita patut bersyukur dan bangga sebagai bangsa Indonesia yang telah menunjukkan kepada dunia kematangan demokrasi dinegara kita,” sampai Wakapolres.

Lanjutnya, Polri bersama TNI beserta komponen bangsa lainnya telah pengawal pesta demokrasi ini dengan baik sehingga semua agenda dapat terlaksana dengan aman dan lancar. Berdasarkan hasil analisa dan evaluasi pelaksanaan Operasi Mantap Brata 2014, tindak pidana pemilu yang terjadi baik pemilu legislatif maupun pemilu Pilpres terjadi penurunan dibandingkan pemilu 2009 yang lalu.

Untuk pemilu legislatif tindak pidana pemilu mengalami penurunan sebesar 46,9 % dari 682 kasus pada pemilu 2009 menjadi 362 kasus pada pemilu 2014, dan untuk pemilu pilres terjadi penurunan sebesar 58,8 % dari 51 kasus pada pemilu 2009 menjadi 21 kasus pada pemilu 2014.

Dari data tersebut mengidentifikasikan bahwa segenap komponen bangsa telah memiliki kesadaran hukum yang cukup tinggi disamping aparat yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik pula.

Namun keberhasilan tugas mulia ini hendaknya tidak membuat kita cepat berpuas diri namun harus dijadikan pemicu bagi pelaksanaan berbagai tugas kedepan secara lebih optimal.

Dalam pelaksanaan pengamanan pemilu 2014 juga menyisakan duka mendalam bagi institusi Polri dengan gugurnya 16 personil saat bertugas, mereka yang gugur merupakan Bhayangkara sejati yang rela berkorban demi tugas negara, oleh sebab itu sepatutnyalah kita sampaikan penghargaan dan belasungkawa yang sedalam – dalamnya dengan iringan doa semoga pengabdian mereka menjadi amal ibadah dihadapan Allah SWT dan semoga kita semua tetap diberi perlindungan oleh Allah SWT dalam pengabdiannya kepada masyarakat, bangsa dan negara.***(shm)