Bupati memberikan selamat kepada para Hafis yang diwisuda
Bupati memberikan selamat kepada para Hafis yang diwisuda

Rokan Hulu (SegmenNews.com)- Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu menggelar Wisuda Hafiz dan Tabligh Akbar dalam menyambut malam Tahun Baru Islam 1 Muharram 1436 Hijriyah di Masjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pengaraian, Jumat (24/10/2014) malam.

Peringatan menyambut Tahun Baru Islam tahun ini dibuka oleh Bupati Rohul Drs. H. Achmad M.Si, dihadiri ribuan orang dari kalangan pejabat dan pegawai Pemkab Rohul, serta masyarakat umum. Acara ini mendatangkan Abdul Haq, seorang motivator yang telah menulis buku.

Selain Tablig Akbar, di sela-sela acaranya, sebanyak 406 tahfiz dan tahfizah dari berbagai Madrasah Diniyah, Pendidikan Tahfiz Quran, Madrasah Ibtidaiyah yang telah hapal beberapa juz hingga 20 juz Alquran diwisuda oleh Bupati Rohul dan Sekdakab Rohul Ir. Damri Harun. Sebagai hafitz terbaik diraih oleh Bagus Petrianto dari PTQ Masjid Agung Madani Islamic Centre.

Pada sambutannya, Bupati Achmad berterima kasih kepada seluruh lembaga pendidikan Islam di Kabupaten Rohul, karena telah ikut mendukung Program Hapalan Alquran yang telah dicanangkan oleh pemerintah daerah.

Selain itu, kepada hafiz dan hafizah, Bupati mengharapkan mereka menjaga hapalan bacaan Alquran, termasuk memelihara dan meningkatkan hapalan Alquran. Dari satu atau dua juz, kedepan bisa hapal 30 juz Alquran.

“Kalian adalah Alquran berjalan. Dari itu terus tingkatkan hapalan Alqurannya. Mudah-mudahan Program Gerakan Membaca Alquran semakin maju lagi,” kata Achmad.

Orang nomor satu di Rohul itu mengharapkan, wisuda tahfiz dan hafizah tersebut menjadi tradisi rutin di Rohul. Termasuk bagi anak-anak yang telah khatam Alquran.

Menyambut Tahun Baru Islam, Tabligh Akbar dilaksanakan dua kali. Yakni Jumat malam dan Sabtu malam besok (25/10/2014). Seluruh pegawai negeri sipil dan tenaga honorer Pemkab Rohul diwajibkan hadir.

Berdasarkan data panitia, 406 tahfiz dan tahfizah yang diwisuda yakni 176 orang dari KHalid bin Walid, 29 orang dari Ujungbatu, 14 orang dari PTQ Masjid Agung Madani, dan selebihnya dari beberapa sekolah pendidikan Islam.***(Adv/hum)