Kuliner Siak (net)
Kuliner Siak (net)

Siak (SegmenNews.com)- Kabupaten Siak menyimpan beragam jenis kuliner khas Melayu di masing-masing kabupatennya. Namun, keberadaan kuliner khas melayu itu hampir punah karena tidak diberdayakan oleh keturunannya.

Untuk itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kabupaten Siak, Kadri Yafis, berharap agar kuliner melayu di Siak di buatkan buku khusus dengan menggunakan anggaran APBD Siak 2015 mendatang.

“Ada sebanyak 50 lebih jenis kuliner khas melayu di kabupaten Siak. Untuk mengangkat makanan dan minuman tradisional ini sangat perlu dibuatkan buku agar bisa dipelajari anak cucu kita kedepannya,” ujarnya kepada bertuahpos.com, ketika di hubungi melalui selulernya, sabtu (15/10/2014).

Dikatakannya, sejauh ini pembuatan buku tersebut sedang dikonsultasikan kepada pihak terkait. Semua bahan-bahannya juga sudah dikumpulkan untuk dijadikan buku.

“Oleh karena itu dibuatlah buku, untuk dikembangkan, diteruskan, agar bisa berkembang dan dipelajari. Nantinya juga akan kita salurkan ke seluruh sekolah dan pustaka di kabupaten Siak,” tandasnya.***(btp/ran)