Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA
Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA

Rokan Hulu (SegmenNews.com)- Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, mengatakan bahwa seorang Jamaah Haji (JH) Rohul yang bernama Haji Syamsuddin Bin Basyaruddin Bomo, Nomor Porsi 400078682, umur 84 tahun, alamat Pasir Rambah Kec Rokan IV Koto, wafat di lobby hotel Thayyibah Madinatul Munawwarah, ketika hendak pulang ke tanah air, Minggu (26/10/2014) pukul 15.45 WAS atau 19.45 WIB.

Demikian disampaikannya kepada wartawan berbagai media massa, Senin (27/10/2014) di kantornya, Jalan Ikhlas Kompleks Perkantoran Pemerintah, Kota Pasir Pengaraian. Dikatakannya, JH tersebut tergabung dalam kloter 18 gabungan JH Riau dan Kalbar. Beliau adalah JH tambahan yang mendapat porsi berangkat haji karena factor usia lanjut (lansia), makanya beliau terpisah dari JH Rohul lainnya.

Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) kloter 18 Drs H Munir MSi, melaporkan kepada Kakan Kemenag Rohul, bahwa Haji Syamsuddin bin Basyaruddin Bomo meninggal dunia dalam keadaan cukup sehat, sehingga meninggalnyapun di lobby hotel, ketika sudah siap naik bus, untuk  berangkat ke Bandara Abdullah Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah, untuk selanjutnya pulang ke tanah air.

H Munir juga melaporkan, bahwa tiga hari sebelumnya pak Haji Syamsuddin sempat dirawat di maktab karena sakit, diduga akibat kelelahan pasca menunaikan ibadah haji yang cukup melelahkan, namun kesehatannya sudah pulih dan siap ataupun dalam kondisi fit untuk pulang ke tanah air.

Ahmad Supardi Hasibuan yang mantan Kasubag Humas dan Perencanaan Kanwil Kemenag Prov Riau ini, lebih lanjut mengatakan bahwa almarhum H Syamsuddin saat ini sedang diurus jenazahnya oleh petugas sector dan daker Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Madinah. Almarhum akan dikebumikan di pekuburan Baqi’ Kota Madinah yang letaknya bersebelahan dengan Masjid Nabawi Madinatul Munawwarah.

Menurutnya lagi, JH Rohul dan JH Riau-Kalbar lainnya, tadi malam (Minggu (26/10/2014) telah bertolak dari Bandara AMAA Madinah dengan pesawat Saudi Arabian Air Lines pukul 23.00 WAS atau 03,00 WIB dinihari tadi, dan diperkirakan tiba di bandara Hang Nadim Batam hari ini, Senin (27/10/2014) pukul 11.00 WIB.

JH Rohul ini akan disambut dan dijemput oleh Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah H Elfalisman SAg langsung ke Batam dan akan disambut oleh Kakan Kemenag Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA di Bandara Sultan Syarif Kasim II Riau, Kota Pekanbaru, untuk selanjutnya diantar ke Rohul.***(rls)