dprd1Bangkinang Kota (SegmenNews.com)- Peluang Zulpan Azmi untuk dilantik menjadi Wakil Ketua Defenitif DPRD Kampar dari Partai Amanat Nasional (PAN) tampaknya semakin sirna. Ia kemungkinan tidak akan ikut dilantik karena polemik di internal PAN belum berakhir.

Polemik itu ikhwal penunjukan Wakil Ketua Defenitif. Pimpinan Sementara DPRD Kampar melalui Sekretaris DPRD Ramlah telah mengumumkan Keputusan DPP PAN yang menunjuk Zulpan menjadi Wakil Ketua. Namun keputusan DPP itu ditolak oleh DPD PAN Kampar.

Sejak awal, PAN Kampar telah sepakat merekomendasikan Sahidin menjadi Wakil Ketua. Di luar dugaan, keputusan PAN Kampar berubah di DPW PAN Riau yang mengirimkan nama Zulpan Azmi ke DPP dalam proses penjaringan Wakil Ketua untuk DPRD.

Sempat beredar kabar bahwa DPRD Kampar akan menggelar Rapat Paripurna Pelantikan empat pimpinan defenitif, Senin (27/10/2014). Sejumlah anggota dewan membenarkan informasi itu. Namun pelantikan itu batal digelar.

Ketua Sementara DPRD Kampar Ahmad Fikri mengatakan, pembatalan itu bukan serta merta disebabkan oleh polemik PAN. “Kita hanya untuk mencari jadwal yang tepat. Jadwal (pelantikan) perlu disesuaikan,” ungkapnya, Senin siang.

Politisi Partai Golongan Karya ini menyebutkan, pelantikan telah dijadwalkan pada Kamis (30/10/2014) nanti. Ia mengakui, Zulpan Azmi tidak ikut dilantik. Meski Gubernur Riau telah menerbitkan SK tentang pengangkatan Wakil Ketua Defenitif DPRD Kampar.

“Tapi ada permintaan dari kawan-kawan PAN supaya pelantikan saudara Zulpan ditunda dulu. Gubernur juga membuat SK berdasarkan permintaan,” ujar Fikri. Ia mengungkapkan, pelantikan akan dilakukan terhadap tiga orang pimpinan.

Dikatakan, tiga pimpinan yang telah diumumkan tidak mengalami perubahan. Di antaranya, dia sendiri dari Partai Golkar untuk diangkat menjadi Ketua. Kemudian dua wakil ketua yakni, Sunardi dari Partai Demokrat dan M. Faisal dari Partai Gerakan Indonesia Raya.
EE
“Kalau dari PAN, belum tau kapan dilantik. Tergantung dari PAN sendirilah,” kata Fikri.

Sementara itu, Zulpan Azmi sendiri belum bisa dikonfirmasi. Nomor selulernya yang terdaftar pada segmennews.com dalam keadaan tidak aktif.

Sekretaris DPD PAN Kampar M. Rusdi tidak begitu reaktif saat dimintai tanggapan. Ia tidak banyak berkomentar. Namun ia mengatakan bahwa segala sesuatunya tergantung pada proses berjalan. “Kita hanya berharap supaya polemik di internal partai tidak berlarut-larut,” katanya.***(Shm)