Dua tersangka perampok mobil Kontainer tertuntuk lesu saat diamankan di kantor Polisi
Dua tersangka perampok mobil Kontainer tertuntuk lesu saat diamankan di kantor Polisi

Bandar Sekijang (SegmenNews.com)- Tim gabungan Polsek Bandar Sekijang dan Sat Reskrim Polres Pelalawan berhasil meringkus dua dari tiga kawanan rampok mobil kontainer bermuatan minyak makan jenis Bimolin sebanyak 20 ton, di Jalan Lintas Timur, Km 45, desa Kiyap Jaya, kecamatan Bandar Sekijang, Kabupaten Pelalawan.

Dua pelaku rampok tersebut yakni, Jamaluddin Irawan (58) warga Simalungun, Sumatra Utara dan Sugianto alias Lilik (37) warga Pembangunan, Sumut, Rabu (29/10) sekitar pukul 12.00 WIB.

Kapolres Pelalawan AKBP A Supriyadi SIK MH melalui Kapolsek Bandar Sekijang AKP Ardinal Efendi SH MH MM didampingi Kanit Reskrim Ipda Nazaruddin SE, membenarkan adanya penangkapan dua pelaku pencurian mobil bermuatan minyak asal Sumut tersebut.

“Kini kedua pelakk telah kita amankan setelah sempat terjadi kejar-kejaran dengan anggota saat akan di tangkap di depan pos Lantas Kiyap Jaya. Sementara satu orang rekan mereka yang telah dikantongi identitasnya sedang kita buru,” ujar Kapolsek.

Dijelaskan Kapolsek aksi pencurian itu dilakukan saat supir mobil kontainer BK 8688 CJ bermuatan minyak makan dan mentega di parkir depan Rumah Makan Sinar, desa Kulim, Duri, kabupaten Bengkalis. Namun pelaku yang telah membuntuti korban dari Simpang Kawat, Sumut.

Tapi baru supir lengah saat berhenti istirahat tidur, para kawanan rampok langsung beraksi, dan berhasil membawa kabur mobil kontainer yang sarat muatan. Atas aksi itu sang supir segera melapor ke majikannya. Hingga para rekanya mencoba mencari tau keberadaan truk yang dibawa kabur tersebut.

Secara kebetulan terlihat kontainer melintas ke arah Jalan Lintas Timur, arak Pangkalan Kerinci, hingga rekannya melapor ke Pos Lantas Kiyap Jaya. Mendapat laporan ada mobil kontainer di rampok, personil Satlantas Kiyap Jaya, Polres Pelalawan melakukan razia.

Ketika menghentikan mobil kontainer yang dicurigai itu, sang supir tancap gas hingga di kejar dan berhenti di jembatan Kiyap Jaya. Atas kaburnya kawanan rampok itu, Katim Pos Lantas Kiyap Jaya, Aiptu Sukri segera melaporkan ke Polsek Bandar Sekijang AKP Ardinal.

Mendapat laporan, Kapolsek langsung memerintahkan Kanit Reskrim Iptu Nazaruddin membantu personil Lantas untuk memburu kawanan rampok yang kabur ke dalam perkebunan sawit. Melihat kawanan rampok kabur, polisi langsung melepaskan tembakan ke
udara.

Mendegar suara tembakan polisi, kawanan rampok tidak ciut dan terus kabur hingga akhirnya saat berada di depan salah satu warung di Jalan Lintas Timur berhasil ditangkap, sedangkan rekan mereka berinisial Ay selaku supir mobil hasil rampokan berhasil menghilang di tengah perkebunan sawit.

Sementara dua pelaku yang berhasil ditangkap, Jamaluddin dan Lilik kemudian digiring ke Mapolsek Bandar Sekijang untuk menjalani pemeriksaan intensif. Bersama barang bukti mobil kontainer bermuatan minyak gorek merek bimolon dan mentega sebanyak 20 ton.

Menurut Kapolsek tersangka dan barang bukti akan di limpahkan ke Polsek Mandau, sebab lokasi pencurian terjadi di wilayah Duri, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis.***(fin)