Drs. H. Achmad M.Si memberikan penghargaan diacara kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-11 dan Hari Kesatuan Gerakan (HKG) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-42 tingkat kabupaten di Desa Pasir Agung, Kecamatan Bangunpurba.
Drs. H. Achmad M.Si memberikan penghargaan diacara kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-11 dan Hari Kesatuan Gerakan (HKG) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-42 tingkat kabupaten di Desa Pasir Agung, Kecamatan Bangunpurba.

Bangun Purba (SegmenNews.com)- Bupati Rokan Hulu (Rohul) Drs. H. Achmad M.Si resmi membuka kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-11 dan Hari Kesatuan Gerakan (HKG) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-42 tingkat kabupaten di Desa Pasir Agung, Kecamatan Bangunpurba.

Kegiatan tahunan yang dilaksanakan, Selasa (4/11/14) itu digelar berbagai kegiatan sosial, seperti pelayanan kesehatan gratis, pemasangan alat kontrasepsi gratis, sunatan massal dan penanaman berbagai jenis pohon.

Menurut Bupati Rohul, BBGRM dan HKG PKK adalah salah satu upaya pemerintah daerah dalam mengembalikan jati diri bangsa yang telah menerapkan gotong royong lain. Dan tujuan lain yaitu ingin membangkitkan kembali semangat gotong-royong di lingkungan masyarakat.

“Ini yang menjadi kekuatan bangsa, apapun dikerjakan secara bergotong-royong, seperti membersihkan jalan, pemakaman, rumah ibadah, dan lainnya,” kata Bupati Rohul.

Masih di kegiatan itu, pemerintah daerah juga meyiapkan Posko untuk pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) melibatkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Rohul. Posko ini siap melayani masyarakat yang akan mengurus dokumen Adminduk.

Dia berharap, adanya peringatan BBGRM dan HKG PKK setiap tahun, dapat membentuk ikatan emosional antar masyarakat, termasuk membentuk kesatuan dan persatuan, serta terbinanya rasa kekeluargaan di lingkungan masyarakat.

Pada kesempatan di kegiatan tersebut, Bupati Achmad menyerahkan berbagai macam bantuan alat gotong royong kepada masyarakat. Termasuk menandatangani prasasti PNPM Mandiri Pembangunan PDTA di Desa Talikumain, Kecamatan Tambusai.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Drs Budhia Kasino menyebutkan, kegiatan BBGRM telah dilaksanakan sejak tahun 2005 hingga saat ini, dengan tujuan meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan serta menghidupkan kembali semangat goro.

Dikegiatan itu juga dilakukan penyerahan bantuan sembako untuk kaum dhuafa, Bantuan Peralatan Sekolah untuk anak miskin, penyerahan Buku nikah gratis, bibit tanaman pelindung dan penyerahan piagam penghargaan pemenang lomba.***(Adv/hum)