Darwin Saragih
Darwin Saragih

Kampar (SegmenNews.com)- Hingga saat ini Dinas Kehutanan (Dishut) Kabupaten Kampar hanya memiliki 10 anggota Polisi Hutan (Polhut). Padahal Kampar memilki wilayah yang cukuyp luas untuk diamankan dari tangan-tangan jahil perambah hutan.

Salah satu kawasan hutan yang perlu pengawasan yakni, kawasan hutan di PLTA Koto Panjang sebab hutan disanan sudah semakin gundul, akibat ulah masyarakat menanami sawit. Bahkan ditakutkan tanah akan longsor jika hujan turun.

“Tak mungkin kita biarkan itu terjadi, kita akan bentuk tim melakukan pencegahan agar areal di sekitar danau rusa PLTA itu. Ini juga menyangku hajat hajat seluruh masyarakat Riau yang memanfaatkan tenaga listrik PLTA Koto Panjang,” tegas Kabid PPH Penataan dan Perlindungan Hutan Dinas Kehutanan Kampar, Darwin kepada segmennews.com diruang kerjanya.

Namun sayangnya, langkah yang akan diambil Dishut untuk pengamanan tersebut masih terkendala personil. Dishut Kampar Berharap agar Dishut Riau memberikan penambahan personil Polhut untuk wilayah Kampar.

Agar pengamanan terus berjalan, untuk sementara Dishut meminta bantuan personil Satpol-PP sebanyak 30 orang bertugas menjaga kelestarian alam di Kampar.***(ali)