Warga Bangkinang Dihebohkan Kemunculan Bunga Bangkai

Bunga Bangkai tumbuh dipekarangan rumah warga Desa Laboy Bangkinang (Segmennews.com)
Bunga Bangkai tumbuh dipekarangan rumah warga Desa Laboy Bangkinang (Segmennews.com)

Kampar (SegmenNews.com)- Masyarakat Desa Laboy Jaya, Kecamatan Bangkinang dihebohkan dengan penemuan bunga raflesia atau yang sering disebut bunga bangkai.

Bunga raflesia yang memiliki tinggi kurang dari satu meter itu tumbuh di pekarangan rumah, Sumarjono (58), RT 005, RW 002, Dusun Bukit Landai. Sumarjono sendiri telah melihat bunga terebut sejak tanggal 1 November lalu.

“Awalnya saya tidak menduga bahwa itu bunga bangkai. Karena pertumbuhannya terlalu cepat sekali dan bau yang dikeluarkannya sangat busuk,” jelas sumarjono, Selasa (11/11/14).

Ia menambahkan, semenjak bunga itu tumbuh warga sekitar selalu bertanya-tanya dari mana asal bau yang tidak sedap itu muncul. Tapi warga mengatakan bau itu berasal dari pekarangan rumahnya.Sehingga dengan begitu saya cari-cari, ternyata berasal dari bunga itu asal bau yang membuat heboh warga sekitarnya,tuturnya.

Sedang Camat Bangkinang Amiruddin, mengatakan dirinya akan menginformasikan ke Dinas Pertanian, untuk mencari solusi perawatan bunga yang langkah tersebutu. “Kalau bisa bunga itu kita selamatkan, ini sangat bagus sekali. Sebab bunga langkah seperti ini amat jarang bisa ditemukan serta bisa tumbuh. Untuk itu harus dijaga agar bisa hidup bunga tersebut,” pungkasnya.

Pantauan dilokasi, dengan adanya penemuan bunga bangkai ini para warga ramai berkunjung kerumah Sumarjono, untuk melihat tanaman yang membuat masyarakat penasaran.

Bahkan salah seorang Sekdes Petapahan Kecamatan Tapung Hafizan, datang untuk melihat bunga bangkai tersebut. “Saya penasaran melihatnya, soalnya saya belum pernah melihat bunga bangkai itu secara langsung. Jadi dengan kesempatan ini saya mau melihatnya secara langsung, untuk melihat bagaiman bentuk asli bunga bangkai itu,” ucapnya.***(ali)