Masyarakat berunjuk rasa di depan pintu masuk PT IKS
Masyarakat berunjuk rasa di depan pintu masuk PT IKS

Tapung Hulu (SegmenNews.com)- Hampir seribuan massa Desa Danau Lancang, Kabupaten Kampar berunjukrasa di perusahaan Kamparindo/IKS, Senin (17/11/14). Mereka menuntut pihak perusahaan mengembalikan lahan hak masyarakat seluas 1750/HA.

Massa yang berorasi didepan pintu masuk wilayah Rayon C, PT.IKS (inti kamparindo sejahtera) dikawal ketat oleh pihak kepolisian.

Bersama masyarakat, ikut juga Kepala Desa Danau Lancang, Azwirman bersama Komisi I DPRD Kampar diwakili, Repol S,Ag, H.sahidin, Triska Felly dan rombongan lainnya. Namun anggota DPRD tersebut juga merasa kecewa terhadap pimpinan perusahaan PT IKS.

“Perusahaan IKS sangat tidak menghargai kita selaku anggota DPRD Kabupaten Kampar. Kita datang jauh-jauh dari bangkinang kemari, tapi kami tidak dihargai,” kesal anggota DPRD, Sahidin saat pertemuan di kantor Desa bersama tokoh masyarakat, hadir juga Kasat intel Polres Kampar, Mukhti Nasution, Kapolsek Tapung Hulu, AKP Alwi Sahidin.

Ditempat terpisah Humas PT IKS, willy dikonfirmasi melalui sambungan selularnya membantah keras tudingan masyarakat, yang mengatakan pihak perusahaan telah merampas hak masyarakat.

“Itu tidak ada. Lahan itu sudah diganti rugi oleh perusahaan sebanyak 600 surat, dan bukti ganti rugi tersebut ada sama kita,” jawab wily kepada segmennews.com.

Jika pihak perusahaan tidak mengembalikan lahan mereka dalam tempo satu bulan, masyarakat mengancam akan mengusir PT IKS dari Desa mereka.***(ali)