Plafon ruangan SDN 03 Sialang Pasung runtuh saat belajar
Plafon ruangan SDN 03 Sialang Pasung runtuh saat belajar

Rangsag Barat (SegmenNews.com)- Puluhan murid Sekolah Dasar Negeri (SDN) 03 Sialang Pasung, Kecamatan Rangsang Barat, Kepulauan Meranti, nyaris menjadi korban reruntuhan plafon sekolah tersebut ketika sedang mengikuti proses belajar mengajar, Jumat (21/11/2014) pagi.

Meski tidak ada korban jiwa, namun peristiwa itu sempat membuat proses belajar mengajar di sekolah itu menjadi kacau.

Kepala Desa Sialang Pasung, Abdul Manaf Yunus, ketika dihubungi Jumat siang, membenarkan terjadinya insiden itu. Menurutnya, peristiwa runtuhnya plafon sekolah itu terjadi ketika proses belajar mengajar sedang belangsung.

Secara tiba-tiba plafon didua ruang belajar runtuh karena sudah terlalu lapuk. Kejadian itu sempat membuat murid ketakutan, lalu berhamburan keluar ruangan untuk menyelamatkan diri.

“Insiden itu terjadi saat murid sedang belajar. Beruntung tidak ada yang terluka. Ini murni kelalaian kepala sekolah. Kenapa kondisi bangunan seperti itu tidak juga ada tindakan. Kalau runtuhnya mengenai siswa siapa yang mau tanggungjawab,” ujarnya.

Dia mengaku, kondisi SDN 03 Desa Sialang Pasung sudah tidak layak digunakan. Sudah sejak lama kondisi bangunan dalam keadaan retak akibat sering terendam air asin saat pasang laut mulai naik. Bahkan kondisi plafon di setiap ruang belajar juga sudah hampir runtuh.

Agar persoalan tersebut tidak kembali terulang, kata Abdul Manaf, dia berharap adanya pembangunan gedung sekolah baru bagi SDN 03 Sialang Pasung. Bahkan saat ini ia mengaku telah membeli sebidang tanah untuk dijadikan areal pembangunan gedung baru sekolah tersebut.

“Kita juga dudah koordinasi ke Dinas Pendidikan agar di atas lahan tersebut bisa dibangun gedung baru SDN 03 Sialang Pasung,” sebut dia.***(Mrt/kpr)