Walikota menggelar rapat teknis dengan tiga Kepala Divisi PLN, Rabu (19/11) di Kantr PLN pusat, Jakarta,  tentang penyediaan listrik dan percepatan pembangunan pembangkit listrik
Walikota menggelar rapat teknis dengan tiga Kepala Divisi PLN, Rabu (19/11) di Kantr PLN pusat, Jakarta, tentang penyediaan listrik dan percepatan pembangunan pembangkit listrik

Jakarta (SegmenNews.com)– Upaya Walikota Pekanbaru Firadus ST MT dalam mengatasi kekurangan lsitrik sepertinya semakin menemukan ttitik terang, setelah satu hari sebelumnya pihak Perusahaan Gas Negara (PGN) menyatakan komit membangun Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PTLG) Tenayan Raya, sekarang giliran pimpinan dan manajemen PLN yang menyatakan akan membangun tower Transmisi PLN di Pekanbaru serta mengesa penyelesaian Pembangunan PLTU Teluk Lembu yang akan mampu menghasilkan lsitrik 210 MW.

Kepastian komitmen tersebut disampaikan Murtaqi Syamsuddin ,Direktur Pengembangan PT PLN Persero Pusat, kepada Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT saat pertemuan insntensif yang digelar Rabu (19/11) di gedung PT PLN Pesero Pusat Jakarta.

Murtaqi menyebutkan bahwa saat ini Kementerian ESDM dan PT PLN telah diintruksikan oleh Presiden RI Jokowi untuk melakukan percepatan penyediaan listrik sebanyak 35.000 MW, dan disebutkan Riau termasuk dalam daftar wilayah yang akan mendapatkan alokasi penyediaan lsitrik tersebut.

“Kita sudah merencanakan membangun tower transmisi listrik di wilayah Rumbai dan interkoneksi hingga ke Negara Jiran Malaysia. Selain itu kita akan menggesa penuntasan pembangunan PLTU Teluk Lembu, dan ditambah lagi dengan PLTG di Tenayan Raya Pekanbaru,’’ ujar Murtaqi.

Penjelasan Muratqi tersebut dierkuat oleh tiga orang Kepala Divisi PT PLN masing-masing Hernadi Buchron Kepala Divisi IPP, I Made Ro Setya Kepala Divisi SIS, dan Suryad Marjadi kepala Divisi GBM, dimana ketiga Kepala Divisi tersebut menyebutkan bahwa percepatan penyediaan listrik tersebut akan terus berlanjut dalam berbagai proses dan implementasi, diharapkan tahun 2015 sebagian besar kebutuhan listrik di Pekanbaru sudah bisa teratasi secara bertahap.

“Kita melihat perkermbangan Kota pekanbaru sangat pesat, sudah barang tenu kebutuhan listriknya semakin tinggi pula. Untuk mendapatkan persediaan listrik yang cukup, maka kita perlu membangun pembangkit-Pembangkit listrik dari berbagai sumber energy. Nah Pekanbaru memiliki potensi yang cukup untuk membangun PLTU dan PLTG,’’ ujar I Made.

Sementara itu Walikota Pekanbaru Firadus MT yang didampingi Asisten Ekbang Dedi Gusriadi, Kabag SDA Junaedi, dan Direktur PD Heri Susanto, menyatakan sangat bersyukur atas program PT PLN yang menjadikan wilayah Riau khususnya Pekanbarus ebagai wilayah yang mendapat tambahan listrik dari program Presiden RI Jokowido 35.000 MW penyediaan lsitrik di Indonesia.

“Kabar baik yang menggembirakan bagi kita semua, mudah-mudahan dengan rencana pembangunan pembangkit listrik maupun tower transimisi di Pekanbaru, kekurangan kebutuhan listrik di Pekanbaru akan segera terpenuhi,’’ ujar Walikota.

Ditambahkan Walikota, bahwa Pemko akan mendukung penuh program PT PLN dalam penyediaan listrik di pekanbaru, seluruh perangkat pemerintahan mulai dari RT, W\RW, Lurah, camat hingga kepala Satker serta seluruh masyarakat diajak untuk mendukung dan member kemdahan bagiPLN dalam pengembangan listrik di Pekanbaru.***(chir/hms)