Siak (SegmenNews.com)- Hasil reses yang dilaksanakan oleh anggota DPRD Siak pada 1 -5 November 2014 lalu, mendapati masih banyak keluhan, harapan, kertikan dan pengaduan dari masyarakat kepada wakil rakayat itu.

Seluruh aspirasi masyarakat yang dirangkum langgsung oleh anggota dewan itu, disampaikan langsung kepada Pemerinah Daerah dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait melalui Sidang Paripurna penyampaian hasil reses, yang berlangsung di Ruang Sidang, Gedung DPRD Siak, Senin (24/11/14).

Sidang penyampaian hasil reses itu dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Siak, Indra Gunawan, SE, dan juga dihadiri Wabub Siak, Alfedri, Sekdakab Siak, Tengku Said Hamzah, dan sejumlah kepada dinas lainnya.

Dari hasil reses Dapil 1 yang dibacakan oleh Zulfaini, pada umumnya menyinggung prihal Pendidikan, Kesehatan, Infrastuktur, Listrik, Pariwisata, Kehutan, Pekebunan, Pasar, Peternakan.

Seperti misalnya dari daerah pemilihan (Dapil) 1, meliputi Kecamatan Sabag Auh, Sungai Apit, Pusako, Bunga Raya, Siak, dan Mempura, menyoroti prihal beberapa sejumlah kekurangan pada infrastruktur sekolah, seperti misalnya kondisi sekolah yang tidak memadai, pemberian gaji honorer yang belum memadai, dan kekurangan mobiler sekolah lainnya.

Selain itu, hasil reses di dapil 1 juga menyoroti kondisi pembangunan dan pengelolaan pasar yang belum maksimal, dan penyediaan lampu penerangan yang rawan kecelakaan lalu lintas.

Hal lainnya yang menjadi sorotan adalah prihal infrastruktur, khususnya peningkatan infrastruktur akses jalan dipedesaan yang perlu mendapat perhatian dari Pemkab Siak.

“Seperti misalnya akses jalan di sejumlah desa di Sungai Apit, Pusako, Mempura, dan Bunga Raya,”kata Politisi Parta PPP ini, ketika membacakan hasil reses.

Selain itu, juga menyorot persoalan jaringan listrik PLN yang masih belum menjangkau beberapa kecamatan di Siak.

“Banyak masyarakat yang mengharapkan bisa menikmati listrik PLN. Oleh karena itu kita mendukung upaya Pemkab Siak mendorong percepatan pengoperasian PLTG Rawa Minyak,”tuturnya.

Sejumlah Dapil lainnya, Dapil II, III dan IV, juga menyoroti hal yang hampir sama, yakni masalah infratruktur akses jalan desa, air, listrik, pendidikan. Dengan hasil reese itu, dewan berharap agar Pemkab Siak dapat menindak lanjuti hasil reses tersebut.

“Kami meninta SKPD bisa menindak lanjuti hasil reses dewan, dan meminta SKPD untuk turun kelapangan, dan bisa memprogramkan kegiatan yang sesuai dengan kondisi rell dimasyarakat, serta dapat dianggarakan melalui APBD Siak Tahun 2015,” ungkap M. Ariadi Tarigan, anggota DPRD lainnya, yang membacakan hasil reses dari Dapil III.***(rinto)