dhuhaRokan Hulu (SegmenNews.com)- Shalat dhuha dilakukan sebanyak 5.120 murid Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dari 16 kecamatan di halaman Kantor Bupati Rokan Hulu berhasil memecahkan rekor di Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan jumlah terbanyak, Sabtu (22/11/2014).

Pemecahan rekor MURI dilakukan murid PAUD bertepatan Gebyar PAUD 2014 diprakarsai Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Rohul di halaman Kantor Bupati Rohul di Kota Pasirpangaraian, dan dibuka Bupati Rohul Achmad.

Selain bertujuan menanamkan karakter akhlakul karimah kepada anak-anak usia dini, kegiatan itu juga tercatat sebagai rekor shalat dhuha berjemaah tingkat PAUD dengan peserta terbanyak.

Rekor MURI shalat dhuha terbanyak awalnya dipecahkan oleh Kabupaten Padang Lawas dengan jumlah peserta 4.190 orang. Namun, rekor itu dapat dikalahkan oleh Kabupaten Rohul.

Seusai melaksanakan shalat dhuha berjemaah, piagam penghargaan diteken Ketua MURI Jaya Suprana diserahkan oleh perwakilan kepada tiga tokoh pengembang PAUD di Kabupaten Rohul, seperti Bupati Rohul Achmad, Bunda PAUD Rohul Magdalisni Achmad, serta Kepala Disdikpora Rohul Muhammad Zen.

“Kegiatan ini didasari atas semangat Pemkab Rokan Hulu dalam membentuk generasi intelektual dan memiliki akhlak dan berbudi pekerti tinggi,” kata Bupati Achmad.

Bupati mengharapkan pemecahan rekor MURI shalat dhuha berjemaah itu menjadi tonggak sejarah dalam terbentuknya generasi emas di daerah berjuluk Negeri Seribu Suluk.

Kalangan orang tua murid PAUD di Rohul juga menyambut positif kegiatan. Mereka mengaku bangga anaknya dilibatkan pada pemecahan rekor MURI itu.

“Kami hanya berharap agar Pemkab Rokan Hulu terus konsisten dalam memperhatikan pendidikan usia dini,” kata Yuliana Dewi, salah seorang orang tua murid PAUD.

Pemecahan rekor MURI shalat dhuha berjemaah ini juga dihadiri tamu undangan, seperti Kasubdit Kelembagaan dan Kemitraan Direktorat Pembinaan PAUD, Kementrian Kebudayaan Pendidikan Dasar dan Menengah RI, Mansur Simamora. Pemecahan rekor juga dihadiri unsur Forkompinda Rohul, serta kalangan pejabat di lingkungan Pemkab Rohul.***(Adv/hum)