Selatpanjang (SegmenNews.com)- Peringatan hari jadi Kabupaten Kepulauan Meranti ke VI tahun 2014 akan sangat berbeda dari tahun sebelumnya.

Sebelumnya kemeriahan hanya dilaksanakan di Kota Selatpanjang, sementara pada tahun ini HUT Meranti akan dilaksanakan di tiga pulau besar di daerah ini.

Bahkan sejumlah pihak yang ditunjuk sebagai panitia sudah mempersiapkan berbagai rangkaian kegiatan perlombaan dan hiburan yang akan digelar di kecamatan.

Masyarakat juga akan disuguhkan berbagai macam pertandingan, penampilan seni budaya selama seminggu penuh yang digelar secara estafet.

“Kegiatan dalam rangka memperingati hari jadi Meranti ke VI akan kita gelar di tiga pulau besar seperti Rangsang, Merbau, dan Tebingtinggi agar semua lapisan masyarakat bisa ikut menikmati kemeriahan ini,” kata Kepala Bagian Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti Tengku Azman ketika ditemui wartawan di ruang Melati kantor bupati, usai rapat pembentukan panitia hari jadi Meranti ke VI, Senin (24/11/2014).

Menurutnya agenda kegiatan diawali dengan Meranti Expo yang akan menampilkan berbagai macam produk makanan dan kerajinan tangan asli Meranti yang berasal dari 9 kecamatan. Kegiatan ini dipusatkan di halaman Kantor Bupati Kepulauan Meranti pada 4-7 Desember mendatang.

Kegiatan lainnya yang akan digelar adalah Bupati Cup memperebutkan piala bupati yang mempertandingkan sejumlah cabang olahraga, seperti sepak bola, sepak takraw, bola voli, futsal, tenis lapangan, lari 10 km dan pertandingan olahraga lainnya.

Selain itu, yang tidak terlupakan adalah panjat pinang, sampan dayung, pertandingan gasing, becak hias, memancing, kenduri sekampung, pawai budaya, dan tabligh akbar serta kegiatan sosial.

Puncak acaranya diawali dengan sidang paripurna dan panggung hiburan rakyat yang digelar di 3 kecamatan, yakni Kecamatan Tebingtinggi, Merbau, dan Rangsang.***(mrt/kpr)