Ilustrasi
Ilustrasi

Tokyo (SegmenNews.com)- Harga kontrak minyak dunia jenis West Texas Intermediate (WTI) kembali menurun untuk hari ketiga pada transaksi perdagangan hari ini (26/11). Data Bloomberg menunjukkan, pada pukul 09.28 waktu Tokyo, harga kontrak minyak WTI turun 0,3% menjadi US$ 73,87 sebarel. Pada dua sesi sebelumnya, harga kontrak yang sama merosot 2,2% ke level terendah sejak September 2010.

Harga minyak melanjutkan penurunan kemarin seiring kecemasan pelaku pasar bahwa anggota Organization Petroleum Exporting Countries akan gagal untuk menyepakati pemangkasan produksi saat mereka menggelar di Austria esok hari, Kamis (27/11).

Sebelumnya, perundingan tertutup antara Venezuela, Arab Saudi, Meksiko, dan Rusia gagal menghasilkan kesepakatan mengenai penurunan angka produksi di tengah merosotnya harga minyak.

Selain itu, disinyalir harga minyak juga akan dipengaruhi sejumlah faktor. Di antaranya dirilisnya data kepercayaan pelaku bisnis kecil di Jepang dan Inggris akan merilis update terakhir data Produk Domestik Bruto (PDB) mereka.

“Kita memiliki gambaran yang beragam. Kita akan melihat pasar akan bergerak volatil. Namun, adanya penurunan akan menjadi kesempatan untuk melakukan aksi beli,” jelas Chris Weston, chief market strategist IG Ltd di Melbourne.***(Kontan/btp)