Ketua IPHI Rohul, Drs HT Habrizal dan Kakan Kemenag Rohul, Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA
Ketua IPHI Rohul, Drs HT Habrizal dan Kakan Kemenag Rohul, Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA

Rokan Hulu (SegmenNews.com)- Kakan Kemenag Rohul yang juga Ketua Dewan Penasehat (Wanhat) Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kab Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, mengharapkan agar IPHI ikut berpartisipasi aktif dalam membangun perekonomian umat, seperti melalui koperasi IPHI maupun melalui bentuk-bentuk lainnya.

Hal ini mendesak dilakukan sebab beberapa persoalan yang dihadapi oleh umat Islam Rohul adalah kemiskinan, kebodohan, dan bahkan keterbelakangan. Untuk itu, IPHI perlu ikut berpartisipasi aktif untuk mengatasinya, sebab pengurus dan anggota IPHI pada umumnya adalah golongan mampu, memiliki kepedulian social yang tinggi dan memiliki kelebihan dibanding umat Islam lainnya.

Demikian disampaikannya pada rapat persiapan pembentukan Koperasi IPHI, Selasa (2/12/2014) bertempat di kantor Sekber Umat Beragama, kompleks perkantoran Kemenag Rohul, Kota Pasir Pengaraian. Kantor ini secara khusus juga disiapkan Kakan Kemenag Rohul, menjadi sekretaraiat bagi Pengurus IPHI Kab Rohul.

Hadir dalam rapat tersebut Ketua IPHI Rohul Drs HT Habrizal, Kadis Bina Marga yang juga Ketua Koperasi IPHI Drs HM Rivai MM, Petugas dari Dinas Koperasi dan UKM Rohul, Sekretaris H Rusli MSy, Kepala KUA Rambah Drs H Rahman Jailani MSy, Kasi Syariah Kemenag Drs H Martillevi Saleh MSy, dan pengurus IPHI Rohul lainnya.

Ketua IPHI Rohul yang juga Asisten Tiga Setda Rohul Drs HT Habrizal mengatakan bahwa salah satu program prioritas IPHI Rohul adalah pembentukan koperasi, yang diberinama dengan Koperasi IPHI Mandiri. Kehadiran koperasi ini diharapkan dapat memberikan sumbangan positif, bukan hanya bagi anggota IPHI, tapi juga bagi masyarakat Rohul pada umumnya.

Koperasi IPHI Mandiri ini beranggotakan para Haji dan Hajjah yang jumlahnya ribuan orang di Rohul. Setiap calon anggota diharuskan membayar simpanan pokok Rp 200 ribu dan simpanan wajib setiap bulan Rp 50 ribu, ditambah dengan simpanan sukarela yang besarannya diserahkan kepada masing-masing anggota.

Ketua Koperasi IPHI Mandiri Drs HM Rivai MM mengatakan, koperasi ini akan membuka bidang usaha berupa Warung Serba Ada (Waserda) atau serba usaha, yang didalamnya ada usaha konveksi, travel haji, perlengkapan JCH, termasuk pelaksanaan manasik haji mandiri, yang dapat dilakukan setiap saat.***(rls)