Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT menerima penghargaan dari Menakertarns RI Hanif Dhakiri, bidang Penyediaan Pelayanan dan Kepuasan  Publik dalam bursa ketenagakerjaan secara online, Kamis (4/12) di Jakarta
Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT menerima penghargaan dari Menakertarns RI Hanif Dhakiri, bidang Penyediaan Pelayanan dan Kepuasan Publik dalam bursa ketenagakerjaan secara online, Kamis (4/12) di Jakarta

Jakarta (SegmenNews.com)– Prestasi Pemerintah dan masyarakat Kota Pekanbaru kembali menyedot perhatian Pemerintah pusat, dalam tahun 2014 sejumlah penghargaan bergengsi diraih Kota Pekanbaru di berbagai bidang aktifitas pemerintahan dan pelayanan publik.

Kali ini, Pemko Pekanbaru bersama 13 Kabupaten Kota lainnya di Indonesia mendapat penghargaan dari pemerintah pusat di bidang pelayanan dan kepuasan publik bursa ketenagakerjaan dengan nama Sertifikat Penghargaan ISO 9001 : 2008.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Menakertarns RI Hanif Dhakiri kepada Walikota Pekanbaru Firdaus  ST MT, Kamis (4/12) saat membuka Expo Kemenakertrans tahun 2014, yang digelar dihalaman kantor kementerian Tenaga kerja dan Transmigarsi Jl Gatot Subrorot Jakarta.

Disebutka bahwa Pekanbaru yang berada di  urutan kedua setelah Kota Gresik tersebut, layak mendapat penghargaan dan sertifikat dari Pemerintah pusat, karena Pekanbaru satu-satunya daerah di Riau yang menyediakan bursa pencarian kerja atau bursa ketenagkerjaan dengan sistim online.

Bahkan dari hasi penilaian yang dilakukan tim dari Kementerian bahwa Pekanbaru akan menjadi percontohan atau pilot project dalam penempatan dan penyediaan layanan pubik dalam bursa ketenagakerjaaan.

Walikota Pekanbaru berfoto bersama Kepala Disnaker Pekanbaru Jhoni Sarikun dan staf, seusai menerima Penghargaan dan sertifikat ISO 9001:2008.
Walikota Pekanbaru berfoto bersama Kepala Disnaker Pekanbaru Jhoni Sarikun dan staf, seusai menerima Penghargaan dan sertifikat ISO 9001:2008.

Sebelumnya kepada wartawan Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja, Wan Apri, Selasa (2/12) menyebutkan bahwa di Provinsi Riau hanya Disnaker Kota Pekanbaru satu-satunya dapat penghargaan Sertifikat ISO 9001 : 2008.

“Dengan penghargaan didapat ini, tentunya bisa menjadi pilot project nantinya bagi kabupaten/kota lain di Provinsi Riau. Makanya ini akan menjadi tanggungjawab bersama untuk mempertahankan ISO atas prestasi didapatkan dari Menaker RI ini,” terang Wan Apri.

Sementara itu Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT yang didampingi Kadisnaker Pekanbaru Jhoni Sarikun  yang ditemui seusai menerima penghargaan tersebut menjelaskan bahwa prestasi ini patut disyukuri karena kerja keras semua pihak serta kerjasasam yang ditunjukan telah mampu menjadikan Pekanbaru sebagai salah satu daerah yang diperhitungkan di Indoensia.

“Tapi perlu diingat, penghargaan bukanlah tujuan utama kita bekerja, tujuan kita adalah bekerja maksimal memberikan pelayanan dan menyediakan pelayanan kepada masyrakat dan bila kinerja kita dinilai sebagai prestasi yang baik, maka Alhamdulillah kita syukuri, dan tanggungjawa kita selanjutnya adalah mempertahankan prestasi baik dan meningkatkan sistim pelayanan kepada masyarakat. Terimkasih Kadisknaker serta jajarannya dan terimkasih atas dukungan semua pihak termasuk seluruh insan perss di Riau,’’ ujar Walikota

Dijelaskan Walikota bahwa memang saat ini Pekanbaru telah memiliki sistim pencarian kerja secara online, dimana masyarakat pencari kerja bisa menginput data pribadi dan kemampuan kerjanya secara online, kemudian perusahaan atau perorangan yang membutuhkan tenaga kerja juga bisa mengakses pencari kerja secara online pula.

“Sistim online ini juga bsia diakses dari rumah masyarakat dengan petunjuk yang bisa didapat dari  Disnaker kita. Dengan begitu para pencari kerja bisa mempromosikan dirinya secara luas dan bisa bersaing secara fair dan transparan,’’ ulas Walikota yang dibenarkan Kadisnaker. ***(advertorial/hms/chir)