Xu Zyihun mengendarai mobil mini buatannya (Shanghai Daily)
Xu Zyihun mengendarai mobil mini buatannya (Shanghai Daily)

Shanghai (SegmenNews.com)- Tingginya kebutuhan masyarakat dalam melakukan mobilitas diimbangi dengan kreativitas untuk menghasilkan alat-alat transportasi baru, tidak hanya mengandalkan kendaraan konvensional seperti mobil dan motor. Di Shanghai, China, seorang pria membuat mobil mini yang hanya bisa dinaiki satu orang.

Xu Zyihun membuat mobil mini dengan tangannya sendiri. Pria berusia 60 tahun tersebut memang dikenal kreatif, membuat segala kebutuhannya sendiri.

Ukuran mobil mini buatan Zyihun itu masih jauh bila dibandingkan dengan mobil konvensional. Panjangnya hanya 60 sentimeter atau 1 meter, lebar 35 sentimeter, dan tinggi 40 sentimeter. Sekilas seperti mobil mainan anak-anak. Namun mobil mini tersebut sudah dilengkapi mesin listrik, gas, rem, dan transmisi. Lampu depan, belakang, klakson, dan sound system juga ada di mobil tersebut.

Seperti diberitakan China Daily, Jumat (5/12/2014), Zyihun membutuhkan waktu dua tahun membuat mobil tersebut. Biayanya pembuatannya sangat murah, yakni hanya 1.500 yuan atau sekira Rp2,9 juta.***

Red: hasran
Sumber: okezone