Bupati Rokan Hulu, Drs H Achmad Msi menyematkan Satya Lencana Karya kepada Kabag Humas Setdakab Rohul Aulia Army Efendi S.STP
Bupati Rokan Hulu, Drs H Achmad Msi menyematkan Satya Lencana Karya kepada Kabag Humas Setdakab Rohul Aulia Army Efendi S.STP

Rokan Hulu (SegmenNews.com)- Bupati Rokan Hulu (Rohul) Ir. H. Achmad M.Si menegaskan bahwa pondasi utama dari Revolusi Mental adalah agama yang kuat. Meski Pemerintahan Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla masih mencanangkan, diakui Achmad aparatur sipil negara (ASN) di Pemkab Rohul sudah lama menerapkan.

Demikian sambutan Bupati Achmad saat memimpin Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) ke-43 tahun di halaman kantornya, Senin (1/12/14). Membacakan pidato resmi Presiden Joko Widodo, Bupati mengharapkan anggota KORPRI Rohul lebih menjaga nama korps dan meningkatkan kinerja.

Achmad mengatakan Revolusi Mental adalah mindset atau pola berpikir seorang aparatur. Dalam menerapkan Revolusi Mental, aparatur harus kembali ke ajaran agama masing-masing, sesuai agama yang telah diakui oleh pemerintah.

“Jika kita kembali ke agama kita masing-masing, inilah antisipasi terbaik. Hal-hal yang merugikan masyarakat bisa dihindari,” kata Bupati Achmad.

Achmad menambahkan, Revolusi Mental lebih menyangkut prilaku, sikap, adat norma, dan tatakrama. Dari itu, dia berharap kepada anggota KORPRI lebih melakukan evaluasi dan intropeksi diri.

“Di HUT KORPRI tahun ini, mari kita bertekad bulat dengan menerapkan Revolusi Mental secara personal,” ajak Achmad.

Dia juga mengajak ASN Rohul mendukung, melanjutkan dan menerapkan aplikasi program yang telah dicanangkan Pemerintah Daerah, terutama program keagamaan. “Jika ini sudah kita lakukan, maka hal-hal negatif bisa dijauhkan,” tandas dia.

Menurut Bupati Achmad lagi, keihlasan dalam melaksanakan kerja merupakan kunci kesuksesan seorang aparatur, karena akan menjadi spirit motivasi menuju sukses.

“Masalah mental butuh proses. Sebab itu kita jauh-jauh hari telah menerapkan Revolusi Mental. Kalau mental sudah baik Insyaa Allah semuanya akan baik pula,” terang Bupati Rohul Achmad.

Masih sempena HUT KORPRI ke-43, sedikitnya 397 ASN di lingkungan Pemkab Rohul menerima Satya Lencana Karya Satya masa kerja 10 tahun 144 orang, salah satunya yakni Kabag Humas Setdakab Rohul Aulia Army Efendi S.STP. Kemudian masa kerja 20 tahun 172 orang, dan 30 tahun 81 orang.

Satya Lencana Karya Satya diserahkan oleh Bupati Rohul. Seusai itu, Bupati juga menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba dua cabang olahraga sempena HUT KORPRI ke-43 tahun, yakni futsal dan volly ball.

Juara pertama futsal diraih Unit KORPRI Dinas Bina Marga dan Pengairan Rohul, disusul Unit KORPRI Kecamatan Tandun. Volly ball putra, juara pertama diraih Unit KORPRI Setdakab Rohul, juara dua Unit KORPRI Kecamatan Rambah Hilir.

Sedangkan juara pertama volly ball putri diraih Unit KORPRI Kecamatan Rambah Hilir, dan juara kedua raih Unit KORPRI Badan Pelayanan Terpadu Perizinan dan Penanaman Modal Rohul.***(adv/hms)