Ilustrasi
Ilustrasi

Rokan Hulu (SegmenNews.com)- Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu melalui  Dinas Kehutanan dan Perkebunan Rohul akan mempertahankan komudity karet yang ada di Rohul. Hingga saat ini, luas areal perkebunan karet di Rohul capai 56.039 hektar dengan hasil produksi karet per tahunnya 54. 393 ton.

Kebun karet yang sudah menghasilkn ™ 48.796 hektar. Sedangkan tanamaman karet yang belum menghasilkan seluas 2.104 hektar. Tambahan penghasilan (Tbm) 2.104 hektar, dan untuk tanaman karet tua yang sudah rusak (ttr) seluas 5.139 hektar, dari luas tanaman karet yang rusak atau akan di reflanting (peremajan kembali) terdapat di 7 kecamatan dari 16 kecamatan se-kabupaten Rohul.

Kepala Dishutbun Rohul, Sugiyarno SP M.Si, Senin (8/11/2014), ditahun 60 an, Kabupaten Rohul sudah dikenal dengan penghasil karet terbesar di Riau bila dibandingkan dengan kabupaten lain. Namun karena masyarakat tergiur dengan perkebunan kelapa sawit sebagian warga mengalih fungsikan perkebunan karet menjadi perkebunan sawit, apa lagi dengan kondisi harga karet yang anjlok saat ini,”

“Bila permasalahan ini tidaak cepat dituntaskan Pemerintah dalam waktu dekat, perkebunan karet  yang ada akan berubah menjadi perkebunan sawit,”ucapnya.

Sugiyarno mengakui, bahwa dari luas perkebunan karet di Rohul capai 56.039 hektar, untuk kebun karet di kecamatan Rambah seluas 1.600 hektar, di Rambah Hilir 1.398 hektar, Rambah Samo 851 hektar, Bangun Purba 419 hektar. Lalu di Kepenuhaan Hulu 313 hektar, Kepenuhaan 290 hektar, dan Kecamtan  Tandun 109 hektar.

Dari luas wilayah Kabupaten Rohul 7.898 km2 56.039 helta, diantaranya merupakan perkebunan karet, dengan pertumbuhan penduduknya mencapai 7,60 persen per tahunnya. Dengan luasnya perkebunan karet di kabupaten Rohul,  untuk saat ini sudah layak berdiri satu paabrik pengolahan karet mentah dan kebutuhan per harinya akan terpenuhi.

“Kita akan tetap berupaya mempertahankan komudity karet yang ada saat ini, kita juga meminta ke petani karet, untuk tidak mengalih fungsikan perkebunan kaaret menjadi perkebunan kelapa sawit,”himbaunya.***(adv/hum/ran)