sawitPekanbaru (SegmenNews.com)- Diakibatkan musim penghujan hampir diseluruh Provinsi Riau membuatharga TBS periode November dan Desember merosot.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kadisbun Riau, Drs H Zulher MS. Pada musim penghujan, buah kelapa sawit itu cepat matangnya. Dengan cepatnya matang buah tersebut maka produksi TBS Indonesia mengalami peningkatan.

“Harga TBS ini akibat faktor alami yang ada di Indonesia. Kita berada pada musim penghujan. Hujan mengakibatkan buah cepat masak. Dengan buah masak maka produksi kita naik sedang permintaan dari pasar global masih konstan. Hal itu mengakibatkan stok TBS dalam negeri melimpah dan harga menjadi turun,” terang Zulher.

Ia juga menyatakan bahwa harga TBS sekarang ini masih di atas standar. Pada minggu ini harga TBS umur 10 tahun ke atas yaitu Rp 1.631,01/kg. Harga tersebut masih di atas normal harga harga petani yaitu Rp 1.500/kg.

“Walau pekan ini Harga TBS kita turun, namun kalau diliat lebih baik lagi harga TBS kita masih di atas standar jadi tidak perlu dikhawatirkan,” ujar optimis Zulher.***(chir/btp)