Tim penyelamat mengevakuasi korban longsor(tempo)
Tim penyelamat mengevakuasi korban longsor(tempo)

Jakarta (SegmenNews.com)- Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan evakuasi korban bencana longsor di Kabupaten Banjarnegara dihentikan.

“Saat ini hujan cukup deras di lokasi bencana longsor di KecamatanKarangkorbar sehingga diputuskan pencarian dan penyelamatan korban dihentikan sementara,” kata Sutopo, melalui keterangan persnya, Sabtu, 13 Desember 2014.

Ia mengatakan hujan deras itu mengakibatkan kondisi tanah labil, debit sungai mengalir kencang membawa lumpur. “Hujan dapat berpotensi memicu longsor susulan,” katanya.

Hingga saat ini, beberapa jalan masih tertutup longsor. Keadaan jalan pun retak-retak dan berbahaya. “Hal ini menyebabkan alat berat dan kendaraan yang dikerahkan untuk penanganan darurat terhambat,” katanya.

Selain itu, masyarakat sekitar berduyun-duyun menonton lokasi bencana sehingga jalan macet dan mengganggu operasional kendaraan petugas.

Kepala BNPB Syamsul Maarif saat ini tengah memberikan arahan penanganan darurat di lokasi kejadian. Tim gabungan dari BNPB, TNI, Polri, Kementerian Kesehatan, Basarnas, Kementerian Sosial, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat , serta instansi lainnya sudah berada di lokasi untuk memberikan bantuan.

Longsor yang terjadi sejak Jumat sore itu, untuk sementara telah mengakibatkan 17 orang tewas, 11 luka berat, serta 4 luka ringan. Korban yang belum ditemukan masih 91 orang.***

Red:hasran
Sumber: Tempo