Drs H Syamsuar MSi
Drs H Syamsuar MSi

Tembilahan (SegmenNews.com)- Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi mengatakan qari & qariah putra-putri Kabupaten Siak harus meningkatkan prestasi pada Musabaqah Tilawatil Qur’an Ke 33 Tingkat Provinsi Riau yang diselenggarakan di Indragiri Hilir, Tembilahan 13 s/d 18 Desember 2014.

Hal itu diungkapkannya saat bertemu para qari & qariah di tempat pemondokan Kafilah Siak, di Hotel Indah Sari, Tembilahan, Sabtu (13/12). Bupati Siak beserta Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri MSi menyempatkan diri mengunjungi sekaligus memberikan motivasi qari & qariah. Beliau berkata, Penghargaan beserta bonus akan diberikan kepada para peserta yang meraih prestasi pada MTQ kali ini.

“Target kita tentu lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Meskipun kita belum berpikir jauh-jauh untuk meraih juara umum, tapi setidaknya bisa meningkat dari tahun lalu,” ujar Syamsuar. Sebelumnya kabupaten Siak pada MTQ tahun 2012 di Bengkalis menempati urutan kedua, namun menurun pada tahun 2014 di peringkat empat.

Beliau Optimis prestasi tahun-tahun sebelumnya bisa ditingkatkan menilik dari prestasi qari & qariah Siak yang beberapa diantaranya sudah mengikuti MTQ tingkat Nasional. Ia menegaskan qari & qariah Siak merupakan putra putri asli kabupaten Siak. “Optimis tentu untuk bisa lebih baik, karena cukup banyak juga para qari & qariah kita memang sudah ada yang berkiprah ditingkat nasional,” terang Bupati.

Sementara itu Bupati juga mengungkapkan akan memberikan bonus untuk qari & qariah berprestasi sebagai bentuk penghargaan atas prestasi yang telah diraih. Bonus ini diusahakan segera setelah MTQ ini selesai dilaksanakan. “Untuk anak-anak yang berprestasi insya allah akan ada penghargaan berupa bonus. Dan kita usahakan pada bulan Desember ini juga,” ungkap nya.

Bertatap muka secara langsung, Bupati menanyakan kondisi pemondokan, kesehatan peserta, serta keluhan yang dirasakan selama berada di Tembilahan. Ia juga menitipkan pesan agar para qari & qariah selalu memperhatikan kondisi kesehatan, pola latihan sekaligus memberikan motivasi agar dapat tampil maksimal. Ia mengatakan dengan usaha yang keras & do’a yang tulus prestasi terbaik bisa diperoleh. “Mudah-mudahan dengan kesehatan yg alhamdulillah prima, dengan usaha keras dan doa yang tulus insya allah bisa meraih hasil yang maksimal pula,” harap nya.

Menyinggung soal kesiapan Kabupaten Siak jika ditunjuk oleh Pemerintah Provinsi Riau untuk menjadi tuan rumah MTQ Riau ke 34 tahun 2015 mendatang, Bupati memberikan pertimbangan-pertimbangan terhadap kepada pihak terkait. Baik dari Kementrian Agama, LPTQ Siak serta Pemerintah Kabupaten Siak, baik soal kesiapan akomodasi serta persoalan penganggaran. “Saya baru mendengar soal wacana penunjukan Siak sebagai tuan rumah. Ini harus kita pertimbangkan secara matang. Saya pikir untuk beberapa hal kita tentu saja siap, tapi dilain hal banyak yang harus kita pertimbangkan. Baik itu soal penganggaran di APBD kita nantinya maupun beberapa hal lainnya,” terang Syamsuar.***(rinto)