Anas Maamun turun dari mobil tahanan KPK
Anas Maamun turun dari mobil tahanan KPK

Jakarta (SegmenNews.com)- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Gubernur Riau nonaktif Annas Maamun. Annas diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan suap pengurusan izin alih fungsi hutan di Riau.

“AM (Annas Maamun) diperiksa sebagai tersangka,” kata Kabag Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha di kantor KPK, Rabu (17/12).

Annas tiba di Gedung KPK sekitar pukul 09.30 WIB memakai rompi tahanan KPK. Annas yang sebelumnya selalu bungkam dan terlihat murung tampak sumringah.

Dia juga sempat mengungkapkan maksud kedatangannya guna menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dalam satu bendel dokumen map merah.

“Mau lapor LHKPN,” kata Annas sambil menebar senyum.

Sebelumnya, Annas Maamun ditangkap tangan oleh KPK di rumah pribadinya di Cibubur, Jakarta Timur. Dia disangkakan terlibat dugaan korupsi menerima gratifikasi sebagai pengalihan fungsi lahan di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Riau dari dari pengusaha kelapa sawit.

Tak sendiri, Annas ditetapkan sebagai tersangka bersama Gulat Manurung pengusaha kepala sawit yang juga dosen Universitas Riau. Gulat ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK, karena disangkakan memberi suap Rp2 miliar kepada Annas Maamun.***
Red: hasran
Sumber: merdeka.com