Menko Bidang Kemaritiman Indaryono Susilo mewakili Presiden RI Jokowidodo, menyematkan Penghargaan Satya Lencana Kebaktian Sosial Kepada Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT, saat Hari Kesetiakawanan Nasional  tahun 2014, Sabtu (20/12) di Jambi
Menko Bidang Kemaritiman Indaryono Susilo mewakili Presiden RI Jokowidodo, menyematkan Penghargaan Satya Lencana Kebaktian Sosial Kepada Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT, saat Hari Kesetiakawanan Nasional tahun 2014, Sabtu (20/12) di Jambi

Jambi (SegmenNews.com)— Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT kembali mendapat penilaian yang positif dan penghargaan dari pemerintah pusat, dimana kali ini tim penilai dari kementerian sosial menempatkan Walikota pekanbaru sebagai tokoh yang memiliki inovasi dan inovatif dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Maka dalam moment Hari Kesetiakawanan Nasional 2014 yang dipusatkan di Kota Jambi, Presiden Republik Indonesia Jokowidodo menganugrahkan penghragaan Satya Lencana kebaktian Sosial kepada Walikota Pekanbaru Firdaus ST M yang diserahkan oleh Menko bidang kemaritiman Indaryono Susilo dengan didaksaksikan Mentri Sosial Khofifah Indar Parawansah.

Walikota Pekanvaru yang hadir di lokasi tersebut bersama para Gubernur dan kepala daerah lainnya di Indonesia diumumkan sebagai Walikota yang memiliki program sosial dan kesejahteraan masyarakat.

Kadis Sosial Pekanbaru DR H Mutia yang mendampingi Walikota di Kota Jambi tersebut menyebutkan bahwa beberapa penilaian yang diambil oleh tim penilai dari kemenntrai sosial RI, bahwa Walikota Pekanbaru bberhasil dalam program pembangunan rumah layak huni, dimana dalam kepemimpinannya Walikota telah menganggarakan pembangunan 250 unit setiap tahunnya dalam APBD Pekanbaru.

“Ini sudah berjalan dua tahun anggaran, berarti sudah 500 unit dibangun rumah layak huni oleh Pemko di Pekanbaru,” ujar Mutia.

Ditambahkannya bahwa perestasi lainnya dalam penilaian tersebut, dimana Walikota Pekanbaru menganggarkan Rp50 juta Pemberdayaan Masyarakat berbasis Rukun Warga dengan pilot project Kecamatan Tenayan Raya. Dan tahun 2015 nantinya seluruh RW di pekanbaru akan mendapat anggaran Rp50 juta pertahun.

Dan yang tidak kalah menariknya menurut Mutia, Walikota pekanbaru juga menganggaakan dana Usaha Ekononomi kelurahan senilai Rp500 juta di tahun 2014, dimana dana tersebut 58 Kelurahan di Pekanbaru mendapatkan anggaran tersebut yang diperuntukan bagi masyarakat yang kurang mampu dan memiliki usaha.

“Terobosan dan program tersebut diantaranya yang membuatpemerintah pusat memberikan penghargaan kepada Walikota Pekanbaru,” ungkap Mutia.

Sementara itu Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT yang ditemui seusai menerima penghargaan itu menyampaikan terimakasih yang teramat dalam kepada Presiden RI Jokowidodo atas reward yang diberikan serta terimakasih yang teramat dalam kepada Satker terkait yang dengan sepenuh hati melaksnakan program pembanguna yang berbasis masyarakat itu.

“Penghargaan ini bukan tujuan kita, yang menjadi tujuan adalah bagaimana perekonomian masyarakat bsai ditingkatkan, dan masyarakat yang membutuhkan bantuan usaha bisa merasakan manfaatnya dari dana yang telah kita anggarakan, dengan demikian kesejahteraan masyarakat akan semakin membaik,” harap Walikota.***(rls/chir)