Kapolres dan Bupati Kampar memeriksa pasukan operasi lilin 2014
Kapolres dan Bupati Kampar memeriksa pasukan operasi lilin 2014

Kampar (SegmenNews.com)- Selasa 23 Desember 2014 pagi, Polres Kampar melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2014 di lapangan pelajar Bangkinang.

Bupati Kampar H. Jefri Noer, SH dan Kapolres Kampar serta unsur Forkopimda lainnya, sementara peserta apel terdiri dari pasukan Polres Kampar, Yonif 132 Bima Sakti, Dinas Perhubungan, Satpol PP, PMI dan BPBD Kampar.

Dalam amanatnya Bupati Kampar selaku pengambil apel membacakan amanat Kepala Kepolisian RI. Disampaikan bahwa Operasi Lilin 2014 ini akan dilaksanakan secara serentak diseluruh wilayah Republik Indonesia selama 10 hari mulai tanggal 24 Desember 2014 sampai s/d 2 Januari 2015.

Dengan mengedepankan tindakan preemtif dan preventif yang didukung kegiatan deteksi dini serta penegakkan hukum secara profesional dan proporsional.

Gelar pasukan ini merupakan salah satu tahapan manajerial penting dalam rangka melakukan pengecekan terhadap kesiapan akhir pelaksanaan operasi, baik pada aspek personel, materil, sarana prasarana serta perlengkapan pendukung lainnya termasuk pelibatan TNI dan seluruh Stake Holders terkait dan mitra kamtibmas lainnya.

Adapun yang menjadi tujuan digelarnya operasi lilin 2014 ini adalah untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif menjelang dan selama perayaan Natal 2014 dan Tahun Baru 2015. Pelaksanaan Operasi Lilin pada tahun 2013 yang lalu telah berhasil menurunkan angka kriminalitas serta kecelakaan lalulintas, hal ini mencerminkan bahwa pelaksanaan operasi yang baik dan sungguh – sungguh mampu menciptakan situasi kamtibmas yang baik pula, diharapkan pada operasi kali ini kinerja baik sebelumnya dapat dipertahankan dan ditingkatkan.

Mengakhiri amanatnya Kepala Kepolisian RI meminta kepada seluruh pelaksana untuk menyiapkan fisik dan mental dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan juga diminta untuk membangun kerjasama yang baik Polri dengan TNI dan seluruh stake holders serta mitra kamtibmas lainnya dengan menghilangkan ego sektoral.

Kapolres Kampar AKBP Ery Apriyono SiK usai pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Ops Lilin 2014 ini menyampaikan bahwa selama Operasi ini Polres Kampar membentuk 4 pos pam pada jalur jalur tertentu yang dinilai rawan, baik rawan kriminalitas maupun rawan lakalantas. 4 pos pam tersebut adalah pos pam Rimbo Panjang, pos pam Kota Bangkinang, pos pam Tapung dan pos pam Kelok Indah. Pada semua pos pam ini akan ditempatkan personil gabungan Polri, TNI, Dishub, Satpol PP serta petugas Kesehatan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Semoga pergelaran Operasi Lilin 2014 ini dapat menciptakan situasi yang aman dan kondusif sesuai harapan masyarakat,” sampainya.***(ali)