Bupati BengkalisBengkalis (SegmenNews.com)- Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, diminta tanggap dan cepat memenuhi kebutuhan dasar yang dibutuhkan masyarakat yang terkena musibah banjir.

Dengan melakukan koordinasikan pada SKPD terkait dan segera pemenuhi kebutuhan dasar yang diperlukan, serta jangan sampai ada warga yang terkena banjir, khususnya yang mengungsi kekurangan bahan pokok, seperti makanan, air bersih dan obat-obatan.

Pernyataan tersebut disampaikan Bupati Bengkalis Herliyan Saleh, ketika  meninjau sejumlah titik yang terkena banjir di Kelurahan Damon, Kecamatan Bengkalis yang didampingi Kepada Kepala BPPD-Damkar M Jalal, Minggu (28/12/14).

“Saya berharap pada seluruh sumber daya yang dimiliki BPBD, baik itu personil maupun peralatan, harus senantiasa siap siaga 24 jam, terutama untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan di kawasan yang terkena banjir cukup parah, “ungkapnya.

Bupati juga meminta Dinas terkait untuk melakukan evakuasi secepatnya jika ketinggian air semakin membahayakan, upaya penyelamatan warga mesti menjadi prioritas utama dan Herliyan tidak menginginkan terdengar ada korban jiwa dengan alasan akibat keterlambatan dalam mengevakuasinya atau yang lainnya.

Kepada masyarakat, Herliyan juga berpesan untuk senantiasa waspada, apalagi dalam beberapa hari ke depan, intensitas curah hujan di kabupaten Bengkalis diperkirakan masih cukup tinggi, “lebih-lebih bila dalam waktu bersamaan air laut pasang, “pesan Herliyan menjelaskan.***(ar/ur)