Bupati Syamsuar saat berbincang-bincang dengan seorang petani
Bupati Syamsuar saat berbincang-bincang dengan seorang petani

Siak (SegmenNews.com)- Penghargaan Adi Karya Pangan Nusantara yang diserahkan Presiden Joko Widodo kepada Bupati Siak H. Syamsuar, MSi menjadi sprit baru bagi daerah meningkatkan produksi pangan.

Untuk itu, pemerintah daerah juga akan mengejar anggaran bidang pertanian yang dialokasikan begitu besar APBN.

“Hasil pertemuan dengan Presiden Joko Widodo meminta agar sentra pertanian di wilayah masing-masing skala prioritas. Karena Indonesia masih kekurangan pangan,” kata Bupati Syamsuar, Minggu (28/12/2014) saat menemui petani di Desa Bungaraya, dan memaparkan hasil pertemuan dengan Presiden RI Joko Widodo.

Presiden Jokowi kata Dia, menekankan kepada masing-masing daerah yang memiliki potensi, meningkatkan produksi pangan terutama beras.

“Pemkab Siak sendiri sejak awal telah komit meningkatkan produksi pangan seperti di Kecamatan Bungaraya dan daerah lain. Namun, masukan dari pemerintah pusat akan menambah sprit bagi Pemkab Siak guna meningkatkan produksi,” jelas Syamsuar.

Disampaikan Syamsuar, pemerintah pusat menargetkan tiga tahun ke depan kebutuhan pangan di Indonesia sudah terpenuhi.

“Pemerintah pusat menyediakan anggaran yang cukup besar untuk keperluan pertanian dan ini harus kita kejar,” sebut Syamsuar.

Guna meningkatkan produksi beras, Pemkab Siak melibatkan lintas intansi yakni, Dinas Pertanian, Badan Penyuluan Dinas Bina Marga dan Pengairan terus berkoordinasi. Salah satu, faktor pendukung peningkatan produksi adalah pengairan yang bagus.***(kpr)