IMG_4144Pangkalan Kerinci (SegmenNews.com)- Kapolres Pelalawan AKBP A Supriyadi SIK MH bertindak sebagai inspektur upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke 34 Satpam, di halaman Mapolres, Selasa (30/12/14) pagi.

Upacara tersebut juga dihadiri Bupati Pelalawan HM Harris, dan unsur Muspida serta seluruh perwira di jajaran Polres Pelalawan.

“Di HUT ke 34 Satpam ini kita minta tingkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), demi mengoptimalkan pelaksanaan tugas Satpam dalam mengimplementasikan sistem manajemen pengamanan di tempatnya bekerja dan lingkungan,” ujar Kapolres dalam membacakan amanat Kapolri Jenderal Pol Sutarman.

Lanjut Kapolres, peningkatkan anggota Satpam perlu penyerpurnaan pelatihan yang diselenggarakan oleh polri, maupun badan usaha jasa pengamanan yang telah memperoleh izin operasioan dari polri. Selain itu, secara moral, integritas anggota Satpam juga perlu mendapatkan perhatian, melalui pembinaan dan pengawasan yang dilakukan oleh poliri.

“Sekitar dua ribu lebih Satpam yang bertugas di kabupaten Pelalawan, jadi harus bisa menjaga Kamtibmas, baik dilingkungan tempat kerja maupun lingkungan sekitarnya, serta memberikan informasi terjadinya gangguan kamtibmas secara dini.

Karena Satpam hanya mengamankan sementara lalu menyerahkan ke pihak berwajib, bukan melakukan pemeriksaan atau menahan orang yang dicurigai pelaku kejahatan,” tegas Kapolres.

Untuk itu, Kapolres juga mengingatkan bagi anggota Satpam jangan melakukan tindakan diluar kewenangan yang dimiliki, dan meresahkan masyarakat. Karena tugas dan fungsi hanya mengamankan lingkungan tempat kerjanya, apabila melihat atau menangkap pelaku dapat segera diserahka ke pihak kepolisian.

“Jadi kita akan terus lakukan pembinaan, agar Satpam memahami tugas dan fungsinya dengan baik. Apalagi sekarang telah memasuki usianya ke 34 ini. Bagi sekuriti yang berprestasi dan membantu tugas polri kita berikan penghargaan di HUT Satpam tersebut,” ungkap Kapolres.

Sementara dalam acara HUT Satpam itu, juga digelar atraksi senam tongkat, borgol,dan cara mengantisipasi pelaku tindak kriminalitas yang terjadi lingkungan tempat tinggalnya. Setelah itu penyerahan penghargaan bagi Satpam yang berprestasi dan tauladan oleh Kapolres Pelalawan dan Bupati Pelalawan.***(fin)