ikrarPangkalan Kerinci (SegmenNews.com)- Puluhan tokoh masyarakat, tokoh agama, TNI AD, organisasi pemuda, pelajar, perusahaan dan komunitas motor bersama jajaran Satlantas Polres Pelalawan, Forum LLAJ Pelalawan menyambut pergantian tahun 2015, berikrar untuk bersatu menuju Indonesia Tertib.

Acara ikras itu dilaksanakan di depan pos Lantas SMPN 1 Pangkalan Kerinci, Jalan Lintas Timur, kota Pangkalan Kerinci, Rabu (31/12) sore sekitar pukul 17.00 WIB  yang langsung di hadiri Kapolres Pelalawan AKBP A Supriyadi SIK MH, Kadisdik Pelalawan MD Rizal, serta perwakilan Fokur LLAJ kabupaten Pelalawan.

Maka seluruh peserta yang hadir saling berpegangan tangan untuk menyatakan ikrar dengan tema ”Menuju Indonesia Tertib, Bersatu keselamatan nomor satu”, hingga di akhir tahun 2014 seluruh perwakilan hadir, menyatakan tekad untuk taat dan mesosialisasikan pada seluruh masyarakat untuk tertib.

“Angka kecelakaan lalulintas di kabupaten Pelalawan cukup tinggi dimana tahun 2013 sebanyak 134 kasus. Namun hingga tahun 2014 ini meningkat menjadi 179 kasus. Untuk itu mari kita sama-sama bulatkan tekad untuk bersatu demi keselamatan di jadikan nomor satu untuk menuju indodenia tertib, khususnya di kabupaten Pelalawan,” ujar Kasat Lantas AKP Afrizal dalam sambutanya.

Lanjut Kasat Lantas, bahwa dari 134 kasus laka terjadi 2013, yang meinggal dunai sebanyak 55 orang, luka berat 83 orang, dan luka ringan 82 orang. Sedangkan tahun 2014 kecelakaan terjadi sebanyak 179 kasus, meninggal dunia 70 orang, luka berat 45 orang, dan luka ringan 120 kasus.

“Kasus kecelakaan ini yang kita catat. Belum lagi kasus yang terjadi tapi tidak di laporkan ke polisi. Oleh karena itu di tahun 2015 mari sama-sama menekan angka kecelakaan dan menjadi pelopor keselamatan di jalan raya,” ungkap Afrizal.

Sementara perwakilan tokoh masyarakat, H Umuar Dery, menyambut baik adanya ikras keselamatan itu, karena dirinya ikut perihatin meningkatkan kasus kecelakaan yang tidak jarang korbanya meninggal dunia. “Kita dari tokoh masyarakat dan agama mendukung untuk mensosialisasikan tertib lalulintas ini. Jadi kita berharap kedepan bisa dilaksanakan melalui acara keagamaan dan ke mesjid-mesjid,” ucapnya.

Kapolres Pelalawan AKBP A Supriyadi SIK MH, dalam sambutanya mengungkapkan bahwa peringkaset ketiga penyebab kematian di dunia akibat kecelakaan. Oleh karena itu diharapkan seluruh lapisan masyarakat selain waspada dan berhati-hati, juga memperhatikan safty kenderaanya.

“Kecelakaan terjadi diawali dari pelanggaran lalulintas. Agar terhindar dari musibah kecelakaan harus memperhatikan bagaiman tata cara berkenderaan dengan baik demi keselamatan diri sendiri dan orang lain,” kata Kapolres.

Oleh karena itu, ditambahkan Kapolres, bagi seluruh peserta yang telah hadir dalam ikras keselamatan lalulintas ini diharapkan dapat menularkan pelopor keselamatan pada lingkungan tempat tinggal dan masyarakat lainnya. Hingga angka kecelakaan lalulintas di tahun 2015 ini dapat di tekan semaksimal mungkin.***(fin)